Mohon tunggu...
Tulus Muliawan
Tulus Muliawan Mohon Tunggu...

https://instagram.com/travelusmuliawan

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Nikmatnya Seteguk Kopi di Sawarna

8 Januari 2016   13:13 Diperbarui: 26 Januari 2016   08:59 806 9 5 Mohon Tunggu...

[caption caption="Pemandangan Pantai Tanjung Layar yang difoto dari Bukit Senyum. Obyek wisata ini terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Selasa (5/1/2016). FOTO: TULUS MULIAWAN"][/caption]“Berbagi waktu dengan alam, kau akan tahu siapa dirimu yang sebenarnya,” begitu bunyi lirik lagu GIE yang diciptakan musisi Eross Chandra sebagai soundtrack film GIE (2005).

Prinsip itulah yang saya pegang saat memutuskan berlibur bersama dua sahabat ke Desa Sawarna, desa wisata yang terletak di Kecamatan Bayah, Provinsi Banten, tepat di bibir Samudra Hindia.

Selasa (5/1/2016) malam itu cuaca Sawarna sangat cerah. Bintang-bintang bersinar terang, suara gemuruh ombak Pantai Pasir Putih juga terdengar jelas di beriringan dengan nyanyian jangkrik.

Saya meneguk secangkir kopi hangat bersama dua sahabat di penginapan. Entah kenapa, nikmatnya tegukan kopi itu membawa pikiran saya melayang kembali ke awal perjalanan kami.

[caption caption="Meski sudah ramai dikunjungi pelancong, akses menuju titik-titik wisata di Sawarna masih sangat kurang. Jalanan yang licin dan berbatu kerap menyulitkan para pelancong. FOTO: TULUS MULIAWAN"]

[/caption]

Untuk merasakan sensasi liburan yang sesungguhnya, kami memutuskan untuk pergi menggunakan kendaraan umum dengan rute Bekasi - Bogor - Sukabumi - Pelabuhan Ratu - Sawarna.

Perjalanan menuju ke Sawarna sangat berkesan. Kami berjumpa banyak orang dengan berbagai karakter dan latar belakang. Kami juga melewati medan ekstrem yang penuh tantangan.

Meski perjalanannya cukup berat, jalur yang berkelok dan menanjak itu justru membuka mata kami akan keindahan pemandangan Teluk Pelabuhan Ratu nan eksotis dari ketinggian.

Setelah tiba di Sawarna, kami mengunjungi empat obyek wisata favorit, yaitu Pantai Karang Bereum, Legon Pari, Karang Taraje, dan yang paling fenomenal, yaitu Tanjung Layar.

Karang Bereum punya karang-karang besar bernuansa hujau karena ditumbuhi lumut. Tak jauh dari Karang Bereum ada Legon Pari, pantai berarus kecil dan sangat cocok untuk berenang.

Di sisi paling timur Sawarna ada Karang Taraje. Pantai itu dipenuhi karang yang besar dan memanjang. Saat pasang, air akan menyebrangi karang dan menimbulkan efek seperti air terjun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x