Semarang - Upaya peningkatan kualitas pendidikan terus dilakukan oleh para calon pendidik. Salah satunya dilakukan oleh Tri Ambar Sari, mahasiswi Universitas Negeri Semarang (UNNES), yang baru-baru ini menyusun dan mengimplementasikan sebuah Modul Ajar berjudul "Jurnal Umum Perusahaan Jasa" di SMK Hidayah Semarang.
Modul ini hadir sebagai bagian dari program LANTIP dan dirancang khusus untuk mempermudah siswa memahami konsep dasar akuntansi, khususnya pencatatan transaksi ke dalam jurnal umum. Dengan penyajian yang sistematis, disertai contoh kasus nyata, serta dilengkapi latihan soal, modul ini diharapkan mampu mendukung proses belajar-mengajar yang lebih interaktif dan aplikatif.
Menurut Ambar, penyusunan modul ajar ini tidak hanya berorientasi pada pemenuhan tugas akademik, tetapi juga bertujuan memberikan kontribusi nyata bagi sekolah tempat praktik. "Saya ingin siswa memiliki panduan yang praktis, sehingga mereka bisa belajar akuntansi dengan cara yang lebih menyenangkan dan tidak membingungkan," ujarnya.
Guru pendamping di SMK Hidayah Semarang menyambut baik hadirnya modul ajar tersebut. Mereka menilai materi yang tersusun dalam modul cukup relevan dengan kebutuhan siswa, mudah dipahami, dan bisa dijadikan referensi dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari.
Ke depan, modul ini diharapkan dapat terus dikembangkan, tidak hanya terbatas pada topik jurnal umum, tetapi juga mencakup materi akuntansi lainnya. Dengan demikian, produk karya mahasiswa tidak hanya berhenti pada ruang kelas, melainkan dapat memberi manfaat lebih luas bagi dunia pendidikan kejuruan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI