Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Konsultan - Pengamat dan Praktisi

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Drama Tim untuk Piala Dunia, Tentukan Nasib Sendiri dan Berharap Sportivitas Vietnam dan Thailand

10 Juli 2022   16:51 Diperbarui: 10 Juli 2022   16:59 399 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi  Supartono JW


Jangan melihat Timnas Indonesia U-19 menang vs Brunei dan Filipina, karena bukan levelnya. Lihatlah kemampuan Garuda Muda saat versus Vietnam dan Thailand, itu tolok ukur kualitas pasukan STy sekarang. Pahami beda rekomendasi dan titipan. Sebab, STy pun masih butuh pemain hasil rekomendasi publik Indonesia bukan rekomendasi PSSI, untuk posisi mana?

(Supartono JW.10072022)

Semoga Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 bermain sportif, tidak licik. Aamiin.

Harapan Vietnam vs Thailand sportif

Harapan agar Vietnam dan Thailand bermain sportif apakah akan tinggal menjadi harapan? Memiliki ranking FIFA 97-Vietnam dan 111-Thailand, jauh di atas Indonesia, namun di atas lapangan dan di luar lapangan, mereka suka memainkan skenario licik, demi memenangi laga dan perang urat syaraf, terutama saat berjumpa dengan Indonesia.

Dalam gelaran Piala AFF U-19 2022, Vietnam pun menggunakan segala cara demi lolos kebabak semi final. Bahkan, bisa jadi, Vietnam akan lebih rela meloloskan Thailand dari pada Indonesia yang kini bertindak sebagai tuan rumah. Caranya bermain imbang dengan gol 1-1 atau 2-2 dan seterusnya. Maka, Vietnam dan Thailandlah yang akan lolos ke semi final, meski Indonesia mampu memenangi laga berapa pun jumlah golnya versus Myanmar.

Menyoal regulasi Piala AFF U-19 2022, sejatinya sudah diketahui oleh semua kontestan, termasuk Indonesian sebagai tuan rumah. Bila ada tim yang memiliki nilai sama, maka untuk menentukan siapa tim lolos ke semi final, akan ditentukan melalui head to head dan jumlah gol yang tercipta. Yang unggul head to head dan jumlah gol head to head, maka dialah tim yang lolos.

Bila Indonesia menang versus Myanmar, berapa pun banyak jumlah golnya, tetapi Vietnam bermain imbang dengan Thailand namun ada gol yang tercipta, 1-1 atau 2-2 dan seterusnya, maka dipastikan Indonesia tersingkir, karena bermain imbang dengan Vietnam dan Thailand, nir gol.

AFF bantu Vietnam

Demi lolos ke semi final, dikutip dari Arttimes.vn, AFF pun luluh membela Vietnam yang sampai mengeluarkan aturan baru dadakan pada Jumat (8/7/2022) sore waktu setempat. Aneh tapi nyata.

Demi membantu Vietnam, secara khusus, pihak penyelenggara Piala AFF U-19 2022 mengatur ulang sanksi yang mereka berikan kepada Tung Han. Dalam peraturan baru tersebut, Tung Han diperbolehkan main untuk membela Vietnam melawan Thailand.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan