Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Lima Tips Memilih Bisnis Waralaba

23 September 2021   08:30 Diperbarui: 24 September 2021   01:47 2463 68 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lima Tips Memilih Bisnis Waralaba
Lima Tips Memilih Bisnis Waralaba. Sumber: Hasil olah pribadi via Canva

Pernah menonton film "The Founder"? Sebuah kisah nyata tentang Ray Kroc membangun jaringan bisnis resto cepat saji McDonald's hingga mendunia seperti sekarang. Sukses McD memang sangat fenomenal. Namun, tentu saja, tidak semua bisnis waralaba semoncer raksasa waralaba asal AS itu. Itu sebabnya jika hendak membeli waralaba, jenis apapun, perlu mengetahui banyak hal di balik kisah gemerlap yang selalu dipresentasikan.

Waralaba sejatinya adalah hak atau lisensi yang diberikan oleh perusahaan pemberi waralaba alias Pewaralaba (Franchisor) kepada individu penerima waralaba atau Terwaralaba (Franchiseeuntuk memasarkan atau memperdagangkan produk dan jasa di wilayah tertentu. 

Setelah waralaba dibeli, sesuai perjanjian yang disepakati (Franchise Agreement), maka Terwaralaba harus mematuhi pedoman dan aturan ketat terkait bisnis ini. Mulai dari tampilan gerai yang sama sampai semua produk dan layanan yang ditawarkan. Seakan mengkloning persis semuanya.

Bisnis waralaba di Indonesia sendiri masih sangat atraktif bagi banyak calon investor. Dan tidak kalah menggoda bagi siapapun yang tertarik memulai bisnis sendiri. 

Pindah kuadran, begitulah kata banyak orang. Lihat saja animo pengunjung di setiap pameran waralaba yang diadakan saban tahun di Jakarta Convention Center (JCC).

Suasana sebuah pameran waralaba di JCC. Sumber: www.franchise-expo.co.id
Suasana sebuah pameran waralaba di JCC. Sumber: www.franchise-expo.co.id
Seperti misalnya, "Franchise & License Expo Indonesia" yang diselenggarakan oleh Reed Panorama Exhibitions maupun "Indonesia Franchise, License and Business Concept Expo and Conference" yang digelar Dyandra Promosindo

Event ini memang sempat diadakan secara virtual pada tahun 2021 akibat covid-19. Namun, tentunya akan kembali dibuka seperti biasa di JCC begitu pandemi mereda.

Waralaba yang ditawarkan pun makin variatif. Tidak hanya di bidang kuliner atau F&B (Food & Beverage) yang masih sangat dominan. Tetapi, juga di berbagai bisnis lainnya. Dari toko eceran, apotek, bengkel servis mobil, program pelatihan bisnis, sampai Travel Agent.

Pasar Indonesia sendiri masih sangat menggiurkan. Jika beberapa dekade lalu, bisnis waralaba lebih didominasi waralaba ternama asal Amerika Serikat, maka tidak demikian di era sekarang. 

Berbagai waralaba asal negara Asia pun makin banyak ekspansi ke Indonesia. Dan tidak kalah agresifnya waralaba lokal yang terus tumbuh dari tahun ke tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan