Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Jelajah Kuliner Nusantara, dari Soto ke Coto

13 September 2021   07:13 Diperbarui: 13 September 2021   20:16 1533 100 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jelajah Kuliner Nusantara, dari Soto ke Coto
Ilustrasi soto betawi.| Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Topik Pilihan di Kompasiana kali ini bak mengajakku kembali membuka catatan perjalanan ke berbagai penjuru di tanah air. Dari satu kota ke kota lainnya. Tidak hanya destinasi wisatanya yang menarik dikunjungi. Kekayaan kuliner lokalnya juga tidak kalah menggoda dicicipi. Keduanya seakan tidak terpisahkan. Sekali jalan-jalan, terus makan-makan!

Dari warisan kekayaan kuliner khas Indonesia yang begitu banyak, nama berbagai jenis soto selalu berada di deretan terdepan sebagai makanan Indonesia paling favorit. Popularitas soto Indonesia bahkan telah melanglang buana hingga ke mancanegara.

Kuliner yang satu ini memang selalu hadir di mana-mana. Dari Sumatra, Kalimantan, Jawa, sampai Sulawesi. Setidaknya terdapat puluhan ragam jenis soto yang bisa ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Apalagi di kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung.

Soto Lamongan Cak Har. Sumber: @veboluz / www.tripzilla.id
Soto Lamongan Cak Har. Sumber: @veboluz / www.tripzilla.id

Setiap daerah tentu saja memiliki soto khasnya masing-masing. Soto Lamongan, misalnya, berbeda dengan Soto Madura, meskipun sama-sama berkembang di provinsi yang sama. Apalagi dibandingkan dengan soto dari wilayah lain. Sebut misalnya, Soto Bandung. Tidak hanya dari bahan utama yang berbeda, tetapi jenis kuah pun tidak sama.

Soto Bandung yang berbeda dengan soto lainnya. Sumber: www.tasteatlas.com / shutterstock
Soto Bandung yang berbeda dengan soto lainnya. Sumber: www.tasteatlas.com / shutterstock
Banjarmasin, ibu kota Kalimantan Selatan, sangat terkenal dengan berbagai destinasi wisata. Salah satunya adalah Pasar Terapung Lok Baintan! Pasar terapung penuh warna ini bahkan telah menjadi semacam ikon pariwisata kota ini.

Namun, Banjarmasin bukan hanya soal pasar terapung. Kota berjuluk Seribu Sungai ini juga sangat kondang dengan salah satu kuliner andalannya. Ah, rupanya Anda sudah tahu. Tidak salah, itulah Soto Banjar, salah satu kuliner istimewa dari kota ini.

Soto yang seakan mewakili identitas suku Banjar ini sangat terkenal akan kelezatannya. Dengan bahan utama ayam serta berbagai rempah, seperti kayu manis, biji pala dan cengkeh, Soto Banjar menghasilkan suatu aroma yang sungguh menggugah selera. Apalagi dinikmati dengan perkedel serta rebusan telur. Top markotop!

Soto Banjar Bang Amat- Banjarmasin. Sumber: dokumentasi pribadi
Soto Banjar Bang Amat- Banjarmasin. Sumber: dokumentasi pribadi
Dari berbagai kedai Soto Banjar yang tersebar di kota ini, saya beruntung berkesempatan mampir di alamat yang tepat. Soto Banjar Bang Amat yang berada di Jalan Banua Anyar itu ternyata sangat tenar di kota ini. Apalagi lokasinya persis di tepi Sungai Martapura. 'Nyoto' with a view!

Soal kuliner soto, kota Surabaya bahkan lebih terkenal lagi. Ibu kota Jawa Timur ini memiliki beberapa jenis soto yang sudah sangat populer di kalangan pecinta kuliner di tanah air. Semua pelancong yang berkunjung ke Kota Pahlawan ini jarang melewatkan peluang mencicipi salah satu soto andalan yang berada di kota ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Lihat Konten Kuliner Selengkapnya
Lihat Kuliner Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan