Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

"Michelin Star", Status Impian Dunia Resto

18 Maret 2021   13:24 Diperbarui: 19 Maret 2021   06:47 910 87 34 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Michelin Star", Status Impian Dunia Resto
Buku Panduan Michelin. Sumber: www.guide.michelin.com

Jika di dunia perhotelan dikenal pemeringkat bintang, dari bintang satu hingga lima. Dan di industri aviasi juga ada sebutan "Five Star Airlines" yang dikeluarkan Skytrax. 

Tahukah Anda, di bisnis restoran kelas atas pun ada sistem pemeringkat? Inilah yang disebut sistem pemeringkat Michelin Star yang sangat bergengsi. 

Michelin Star adalah sistem pemeringkat khusus restoran yang dikembangkan dan digunakan 'Michelin Guide' untuk menilai restoran berdasarkan kualitasnya. 

Menariknya, Michelin sendiri adalah sebuah pabrikan ban mobil terkenal yang berasal dari kota Clermont-Ferrand, Prancis.

Sejarah panjang Michelin berawal dari "Compagnie Generale des Establissements Michelin SCA", nama lengkap Michelin, sebuah pabrikan ban multinasional Prancis yang didirikan dua bersaudara Andre dan Edouard Michelin. 

Perusahaan tersebut berdiri sejak tahun 1889 dan kini telah berkembang menjadi yang terbesar kedua di dunia setelah Bridgestone dan masih lebih besar dari Goodyear yang berada di posisi ketiga.

Andre dan Edouard Michelin. Sumber: www.bbc.co.uk
Andre dan Edouard Michelin. Sumber: www.bbc.co.uk
Sebagai pabrikan ban, Michelin juga melihat kepentingan dari sisi pengguna mobil, khususnya selama perjalanan mengemudi di jalan-jalan raya di seluruh wilayah Prancis. 

Maklum saja, saat itu belum ada aplikasi panduan jalan berbasis internet. Kebutuhan akan peta jalan dan buku panduan pun begitu penting.

Pada tahun 1900, hanya terdapat sekitar 3,000 mobil di negara Prancis. Demi meningkatkan penjualan mobil dan tentu saja ujungnya adalah untuk ban mobil, maka perusahaan pembuat ban mobil ini pun menerbitkan sebuah buku panduan untuk para pengendara mobil di Prancis.

Buku panduan bersejarah yang disebut "Michelin Guide" dengan sampul merah itu pun diterbitkan. Hampir sekitar 35,000 kopi dari buku edisi perdana ini didistribusikan secara gratis. 

Isinya berupa informasi yang umumnya sangat dibutuhkan para pengendara, seperti peta jalan, panduan bagaimana mengganti dan merawat ban mobil, daftar mekanik mobil, lokasi pompa bensin, tempat menginap dan makan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN