Mohon tunggu...
Tito Adam
Tito Adam Mohon Tunggu... Jurnalis - Social Media Specialist | Penulis | Fotografer | Editor Video | Copy Writer | Content Writer | Former Journalist

Senang untuk belajar dan belajar untuk senang | Instagram @titoadamp | Email titoadamp@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Peran Bapak dalam Proses Berpikir Serta Tumbuh Kembang Anak

9 Agustus 2021   09:10 Diperbarui: 9 Agustus 2021   14:27 562 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Peran Bapak dalam Proses Berpikir Serta Tumbuh Kembang Anak
Ilustrasi ayah dan anak| Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Ketika dulu sebelum menikah, saya mengakui jika saya sempat berpikir apakah bisa saya menjadi ayah yang baik bagi anak saya. Mengingat saya pribadi yang terkadang masih seperti anak kecil, suka bermain-main.

Terlebih, saya juga adalah orang yang memiliki "kehidupannya" sendiri. Mulai dari senangnya baca komik, menghabiskan waktu hanya untuk sekadar nonton film atau hal-hal yang menurut sebagian orang adalah kebiasaan anak-anak.

Seiring berjalannya waktu, saya menikah dan bersyukur langsung dikaruniai seorang anak perempuan. Keraguan kembali muncul saat tiga tahun lalu anak saya lahir, apakah saya benar-benar bisa menjadi ayah yang baik.

Terlebih, waktu istri hamil, saya berharap saya memiliki seorang anak berjenis kelamin laki-laki. Ketika jelang melahirkan, Allah memberikan saya titipan seorang anak perempuan yang sangat lucu.

Istri saya sempat khawatir, saya tidak akan sayang dengan anak perempuan saya. Namun, usai lahir, di hari pertama anak saya muncul di dunia ini, saya tidak berhenti menatap wajahnya. Tanpa berkata apa-apa.

Waktu berlalu, apa yang dikhawatirkan istri tidak terbukti. Saya sangat menyayangi anak perempuan saya. Sejak pertama kali dia lahir, setiap malam, saya selalu menyanyikan lagu tidur sambil menggendongnya.

Meski saya bukan penyanyi, saya juga menyadari suara saya tidak merdu, tapi si kecil sangat menikmati suara saya. Dia selalu tertidur pulas saat saya gendong sambil dinyanyikan lagu.

Padahal lagu yang saya nyanyikan terbilang random, tidak semua lagu anak-anak. Contohnya lagu kemerdekaan, lagu percintaan, bahkan gak jarang saya spontan bikin lagu dengan lirik dan nada ciptaan saya sendiri.

Seorang anak bisa menjadi anak yang hebat karena peran bapak dalam hidupnya. Sumber: Dokumentasi pribadi
Seorang anak bisa menjadi anak yang hebat karena peran bapak dalam hidupnya. Sumber: Dokumentasi pribadi

Gara-gara hal random yang saya lakukan ini, orang rumah heran dengan kelakuan saya. Pertama, meski suara saya gak merdu, si kecil selalu menikmati. Kedua, hanya saya yang bisa melakukan hal ini. Pernah anggota keluarga yang lain tiru tapi gak berhasil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan