Mohon tunggu...
Tian BayuPratama
Tian BayuPratama Mohon Tunggu... Mahasiswa

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Tips Berpuasa Ala Pesepakbola Eropa

23 April 2021   07:21 Diperbarui: 23 April 2021   07:27 511 27 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Berpuasa Ala Pesepakbola Eropa
https://instagram.com/shkodranmustafi?igshid=112ee2bfkcjke / instagram: shkodranmustafi

Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa diantara bulan-bulan lainnya. Bulan yang hanya hadir selama satu tahun sekali ini selalu dirindukan kehadirannya oleh umat islam diseluruh dunia. Pada bulan Ramadhan seluruh umat islam diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh tak terkecuali bagi para pemain sepak bola. Para pemain sepak bola muslim yang sedang merumput di benua biru pun turut merayakan kehadiran bulan suci Ramadhan dengan berpuasa. Berbeda dengan di Indonesia, pemain di Eropa harus berpuasa selama 16 jam. Walaupun pesepak bola mendapat keringanan untuk tidak berpuasa ketika bertanding, tetapi banyak dari mereka memilih untuk tetap berpuasa. Berikut tips berpuasa ala pesepak bola dari benua Eropa :

  • Menjaga pola makan

Tips pertama datang dari mantan pemain Manchester City dan tim nasional Pantai Gading yaitu Yaya Toure. Pemain muslim yang berposisi sebagai pemain tengah ini memberikan tips supaya bisa menjalankan puasa.

Tips pertama adalah menjaga pola makan, ketika sahur makanlah dengan makanan yang telah dianjurkan oleh ahli gizi, karena jika berlebihan makan ketika sahur, badan akan terasa berat dan membuat tubuh tidak berenergi ketika menjalankan puas. Makan ketika sahur terlalu banyak juga mengakibatkan ngantuk dan malas untuk menjalankan kegiatan di pagi hari. Ketika sahur juga hindarilah makan-makanan yang pedas karena dapat memicu asam lambung ketika berpuasa.

Ketika waktu berbuka alangkah baiknya menyantap atau meminum-minuman yang manis. Karena makanan atau minuman yang manis dapat mengembalikan energi, kadar gula darah, dan cairan tubuh yang hilang. Seperti pada hadis berikut:

Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, beliau berkata,

"Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berbuka dengan kurma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan kurma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air." (HR. Ahmad, Abu Dawud)

Walaupun hadist tersebut tidak menyatakan untuk berbuka dengan sajian yang manis, tetapi para ulama mengkiaskan sebagai makanan yang manis.

Menyantap makanan manis untuk berbuka memang dianjurkan, akan tetapi tidak baik jika mengkonsumsi makanan manis dengan kadar gula yang berlebihan karena akan menyebabkan kadar gula yang berlebihan sehingga menimbulkan nafsu makan yang berlebihan juga.

  • Minum yang cukup

Tips kedua merupakan tips dari mantan pemain sepak bola Arsenal yaitu Shkodran Mustafi. Pemain muslim timnas Jerman ini memberikan tips supaya tetap kuat menjalankan puasa.

Tips kedua adalah dengan minum yang cukup ketika sahur. Tips tersebut bertujuan untuk menjaga cairan dalam tubuh dan supaya tidak cepat dehidrasi. Ketika sahur disarankan juga untuk meminum 2 gelas air putih ketika bangun tidur dan setelah makan sahur. Terlalu banyak minum air putih ketika sahur juga tidak disarankan, karena dapat menyebabkan rasa ingin buang air terus-menurus dan ini mengakibatkan tubuh kekurangan cairan terlalu cepat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN