Mohon tunggu...
Anjas Permata
Anjas Permata Mohon Tunggu... Konsultan - The Architect

𝗠𝗮𝘀𝘁𝗲𝗿 𝗛𝘆𝗽𝗻𝗼𝘁𝗶𝘀𝘁, 𝗣𝗿𝗼𝗳𝗲𝘀𝘀𝗶𝗼𝗻𝗮𝗹 𝗖𝗼𝗮𝗰𝗵 𝗮𝗻𝗱 𝗧𝗿𝗮𝗶𝗻𝗲𝗿, 𝗣𝗿𝗼𝗳𝗲𝘀𝘀𝗶𝗼𝗻𝗮𝗹 𝗘𝘅𝗲𝗰𝘂𝘁𝗶𝘃𝗲, 𝗖𝗘𝗢 𝗥𝘂𝗺𝗮𝗵 𝗛𝗶𝗽𝗻𝗼𝘁𝗲𝗿𝗮𝗽𝗶, 𝗖𝗘𝗢 𝗣𝗲𝗿𝗺𝗮𝘁𝗮 𝗟𝗲𝗮𝗿𝗻𝗶𝗻𝗴 𝗚𝗿𝗼𝘂𝗽

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

6 Kiat Mendobrak Mental Block, Si Penghambat Kesuksesan

16 Agustus 2022   06:25 Diperbarui: 16 Agustus 2022   13:30 1125 18 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilsutrasi mental block (Sumber: emc.id via parapuan.co)

Apakah Anda pernah merasa bosan bekerja? Atau merasa jenuh dengan rutinitas? Gairah dan semangat menurun, mengalami kebuntuan ide? Anda menarik diri dari lingkungan sosial karena tidak nyaman? Awas, mungkin Anda sedang mengalami serangan Mental Block!

Sesuai definisi harafiahnya, mental block adalah suatu kondisi mental yang dapat menghambat aktivitas sehingga mengganggu produktivitas seseorang. 

Mental block adalah gangguan psikologis yang harus Anda buang jauh-jauh. Pasalnya, kondisi ini bisa membuat seseorang kehilangan sebagian bahkan seluruh rasa percaya dirinya.

Para ahli psikologi berpendapat bahwa mental block ialah upaya penolakan atas sejumlah aksi karena menurunnya rasa percaya diri.

Mental block adalah kondisi umum yang bisa saja dialami oleh setiap orang. Dengan adanya penolakan oleh otak, maka tubuh pun akan bereaksi sehingga mengakibatkan terhambatnya berbagai macam aktivitas, kreativitas, inovasi dan motivasi.

Dalam beberapa situasi khusus, mental block bisa menjadi kondisi yang sangat merugikan. Dalam dunia pendidikan misalnya, mental block bisa menyebabkan siswa malas belajar dan bersekolah.

Dalam dunia kejuaraan olahraga, mental block bisa membuat seorang atlet tidak mampu menggerakkan tubuhnya dengan benar meskipun sudah latihan berulang kali. 

Begitu pun dalam dunia kerja, mental block dapat menurunkan performa karyawan, mematikan ide-ide kreatif bahkan menciptakan kondisi demotivasi.

Ibarat sebuah virus, mental block bisa menjangkiti siapapun, kapanpun dan di manapun. Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui lebih dalam penyebab, jenis dan bagaimana kiat untuk mengatasinya.

Jenis-jenis Mental Block

Banyak literatur yang telah membahas mengenai penghambat mental ini. Setelah saya tarik benang merah, setidaknya ada 6 (enam) jenis mental block yang harus kita waspadai kawan.

1. Meragukan Kemampuan Diri Sendiri (Self Doubt)

Self Doubt adalah bentuk keraguan terhadap kemampuan diri sendiri. Seseorang yang mengalami self doubt biasanya tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya karena merasa bahwa dirinya tidak layak atau tidak cakap meskipun sudah berusaha sekuat tenaga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan