Mohon tunggu...
Tesa YesiInnata
Tesa YesiInnata Mohon Tunggu... Guru - guru

Hi.. saya Tesa Yesi Innata, saya berprofesisi sebagai seorang guru seni budaya. Seni adalah jiwa saya. setiap hal yang saya lakuakn pasti akan ada unsur seni didalamnya. Hidup akan hampa tanpa seni. Hobi saya membaca, menulis, dan menari.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ice Breaking dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas

9 Juni 2023   00:42 Diperbarui: 9 Juni 2023   00:46 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

ice breaking? rasanya kata itu sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Apakah anda tau apa itu ice breaking? ice breaking adalah suatu kegiatan yg dilakukan didalam kelas untuk  kegiatan menghilangkan rasa jenuh atau bosan didalam kelas. rasa jenuh muncul didalam kelas bisa disebabkan oleh banyak hal. Hal yg membuat jenuh antara lain: banyaknya tugas didalam kelas, pembelajaran yg terlalu serius. dengan ice breaking suasana jenuh dapat terpecahkan. karena ice breaking seperti merefresh kembali pemikiran kita.

Guru dapat memberikan ice breaking untuk memberikan semangat dan motivasi baru kepada siswa. Ice breaking bukan hanya sekedar kegiatan saja tetapi ice breaking juga mempunyai banyak manfaat, diantaranya:

  • menumbuhkan semngat siswa disalam kelas
  • melatih siswa menjadi aktif dalam berinteraksi
  • melatih siswa untuk berpikir kritis
  • melatih siswa untuk lebih konsentrasi
  • meningkatkan rasa percaya diri pada siswa
  • melatih kerja sama antar siswa maupun kelompok, dll.

Kegiatan Ice breaking didalam kelas bisa kita lakukan dengan maksimal. Kita memilih ice breaking yang ringan-ringan saja misalnya siswa diminta untuk berdiri lalu berthitung, setiap hitungan 5 dan kelipatnnya siswa berkata boom sambil meloncat, jika siswa salah nanti diajak maju didepan kelas dan memimpin bernyanyi bersama. nah, kegiatan itu snagat mudah sekali kita lakukan. Kita dapat melihat senyum tulus mereka, kita dapat melihat semngat anak-anak. Dengan kegiatan ice breaking itu semua siswa menjadi aktif didalam kelas. 

Menurut pengalaman saya, saya memberikan ice breaking sederhana yang saya lakukan didalam kelas ternyata berdampak luar biasa terhadap motivasi belajar siswa. Siswa menjadi lebih bersemngat mengikuti pelajaran. Dalam pelajaran siswa juga menjadi lebih konsentrasi. Bahkan setiap jam pelajaran jika siswa sudah merasa jenuh, mereka meminta saya untuk melakukan ice breaking.

Wow.. ice breaking sederhan menebar banyak manfaat. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun