Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Benarkah Kurikulum Merdeka Dapat Meningkatkan Kualitas Pembelajaran?

27 Maret 2024   12:46 Diperbarui: 27 Maret 2024   15:32 447
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar youtube kemdikbudristek

Pendahuluan

Benarkah kurikulum merdeka dapat meningkatkan kualitas pembelajaran? Jawabannya bisa jadi benar dan bisa jadi belum benar. 

Supaya kita tahu kebenarannya, yuk kita ikuti kegiatan Perilisan Permendikbudristek tentang Kurikulum pada PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah yang disiarkan secara langsung melalui aplikasi youtube. 

Omjay menonton siaran langsungnya melalui channel youtube kemdikbudristek Republik Indonesia. Omjay menontonnya di sela-sela kegiatan mengajar informatika. Sekarang Omjay sedang menonton kembali siaran ulangnya.

Bila ada saran dan masukan, silahkan sampaikan pengaduan, saran, atau masukan melalui Unit Layanan Terpadu Kemendikbudristek di http://ult.kemdikbud.go.id/ 


Kurikulum merdeka akan diresmikan menjadi kurikulum nasional. Sejak diluncurkan pada tahun 2022, kini lebih dari 300 ribu satuan pendidikan telah menerapkan Kurikulum Merdeka secara sukarela. 

Data Asesmen Nasional tahun 2021-2023 menunjukkan dampak positif penerapan Kurikulum Merdeka. Lebih lanjut, hasil Rapor Pendidikan tahun 2023 menunjukkan bahwa satuan pendidikan yang menerapkan Kurikulum Merdeka mengalami peningkatan literasi, numerasi, karakter, inklusivitas, dan kualitas pembelajaran. 

Terkait hal tersebut, pemerintah berencana menetapkan Kurikulum Merdeka secara nasional guna memberikan kepastian arah kebijakan pendidikan.  Semua itu dilaksanakan melalui proses yang cukup lama.

Kemendikbudristek telah mengundang semua Sahabat Dikbud untuk menyaksikan tayangan "Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaranbersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di saluran resmi YouTube Kemendikbud RI pada hari Rabu, 27 Maret 2024, pukul 10.00 s.d 12.00 WIB. 

Omjay baru saja menyaksikan tayangan siaran langsung "Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran" bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di saluran resmi YouTube Kemendikbud RI. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun