Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Hujan yang Biasanya Membawa Rahmat, Kali Ini Membuat Waswas

7 Oktober 2022   17:26 Diperbarui: 7 Oktober 2022   17:28 221 19 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Banjir di salah satu kawasan di Bekasi: kompas.com

Hujan sebenarnya merupakan rahmat Tuhan bagi bumi milik kita bersama. Bayangkan jika di musim kering tanpa hujan berbulan-bulan, air kering, pepohonan meranggas dan banyak lahan pertanian menjadi rusak karena kurang pengairan. Bahkan tanah pun menjadi kering kerontang dan retak-retak.

Namun dalam beberapa hari ini, di Sebagian besar pulau Jawa, khususnya kawasan Jakarta dan sekitarnya, baik Bekasi Depok, Bogor, dan Tangerang hujan mulai turun dengan agak lebat dibandingkan biasanya.

Curah hujan yang tinggi di suatu kawasan mulai memakan korban.  Di Jakarta, sudah banyak daerah yang terkena banjir. Yang sering beredar di media sosial, kawasan TB Simatupang, Pondok Karya, Fatmawati, sebagian Kemang sudah mencicipi tingginya air saat hujan beberapa hari ini. 

Bahkan ada berita duka juga tentang dinding sebuah sekolah yang roboh akibat banjir di kawasan Pondok Labu, Cilandak , Jakarta Selatan. 

Dinding yang membatasi kawasan pemukiman dan sekolah itu tidak kuasa menahan gejolak air hujan sehingga akhir roboh dan menimpa siswa.   Diberitakan 3 orang pelajar meninggal dan beberapa lainnya luka-luka.

Bukan hanya kawasan Pondok Labu, banjir juga menerjang daerah yang biasa menjadi langganan seperti Jalan Tol Serpong yang mengakibatkan jalan tidak biasa dilalui kendaraan.  Banjur juga melanda sebagian Jakarta Timur seperti kawasan Utan Kayu. 

Lalu bagaimana dengan kawasan sekitar kota Bekasi.  Di kawasan Kota Bekasi, cukup banyak daerah yang sering menjadi langganan banjir dan kini karena hujan juga tergenang dengan ketinggian bervariasi.  Kawasan Jati bening dan perumahan Dosen IKIP biasanya yang lebih dahulu tergenang dan kedalamannya lumayan tinggi.  Selain itu masih ada beberapa kawasan lain yang selalu waswas dan sibuk jika hujan lebat mulai turun.

Jumat Siang, 7 Oktober seusai salat Jumat, hujan kembali melanda kota Bekasi.   Dalam waktu sekitar satu jam kemudian sebagian kawasan sudah tergenang termasuk daerah Pekayon dan Kawasan Galaxy. 

Walau tidak terlalu dalam tetapi sudah menganggu lalu lintas dan Sebagian jalur terpaksa ditutup.  Selain itu beberapa perumahan yang langganan banjir juga mulai bersiap-siap mengantisipasi kalau hujan lebat berlangsung lebih lama.

Di media sosial dan whats  up grup, berita banjir terus menjadi primadona dan update keadaan serta ketinggian air di kawasan perumahan dan sekitar terus dipantau bersama. Warga juga saling mengingatkan jika sudah tiba waktunya mengevakuasi kendaraan ke tempat yang lebih tinggi dan aman dari serbuan air.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan