Mohon tunggu...
Tabrani Yunis
Tabrani Yunis Mohon Tunggu... Tabrani Yunis adalah Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh, juga sebagai Chief editor majalah POTRET, majalah Anak Cerdas. Gemar menulis dan memfasilitasi berbagai training bagi kaum perempuan.

Tabrani Yunis adalah Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh, juga sebagai Chief editor majalah POTRET, majalah Anak Cerdas. Gemar menulis dan memfasilitasi berbagai training bagi kaum perempuan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ketika Anak Belajar Menjadi Bintang Iklan

3 Juni 2019   19:51 Diperbarui: 3 Juni 2019   19:59 38 4 0 Mohon Tunggu...

Oleh Tabrani Yunis

Masa kecil, masa anak-anak, sesungguhnya merupakan masa-masa yang membahagiakan anak-anak. Di masa ini, anak-anak sangat suka bermaian. Ya, karena masa kanak-kanak, yang menjadi periode masa pertumbuhan dan perkembangan, anak-anak akan lebih banyak menghabiskan waktu mereka dengan kegiatan bermain. Jadi, anak-anak memang harus memiliki masa yang cukup untuk bermain.

Hal ini perlu dan penting, agar dalammasa pertumbuhan dan perkembangan jiwa anak bisa berjalan optimal. Pada fase anak-anak bermain tersebut, bagi kebanyakan orang tua, juga menjadi kesempatan untuk mengamati, dan melihat serta meneliti dengan cermat potensi anak-anak sejak kecil.

Orang tua yang cerdas, yang dengan siaga menyiapkan masa depan anak-anak mereka, biasanya terus mengamati dan bahkan membantu perkembangan jiwa dan potensi anak sejak anak masih kecil. Kita tentu dengan mudah bisa menemukan potensi anak-anak kita sejak kecil. Kita juga bisa membanding-bandingkan potensi anak kita, bila kita memiliki lebih dari satu anak. Kita bisa bandingkan antara dua anak perempuan, atau membandingkan dengan yang laki-laki, antar jenis kelamin dengan potensi dan tingkat kecerdasan berbeda dan sebagainya. Bahkan untuk melihat potensi dan tingkat perkembangan seperti ini tidak hanya dilakukan oleh para orang tua yang berpendidikan tinggi saja, orang-orang awam saja bisa melihatnya.

Nah, dalam masa perkembangan dan pertumbuhan ini, ketika anak-anak suka bermain dan para orang tua mengetahui apa potensi anak, serta sangat faham akan apa yang diskukai anak. Kalau anak-anak suka bermain, menghabiskan waktu seharian dengan bermain, maka seharusnya para orang tua mau lebih bijak memanfaatkan masa-masa bermain anak ini.

Masa bermain anak yang cukup di masa kecil merupakan masa yang cukup pula untuk melihat potensi dan tingkat perkembangan anak serta kesamaan dan perbedaan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak tersebut.

Selain itu,  pada masa-masa anak bermain ini, seharusnya orang tua menyempatkan diri, bisa dan mau mengarahkan kegemaran anak. Caranya, orang tua bisa memilij mainan-mainan edukatif yang bisa merangsang kemampuan dan sikap dan kemampuan kreativitas dan innovasi anak, serta keberanian anak untuk menampilkan kemampuan dan potensi yang dimiliki.

Barangkali kita bisa cermati video di atas. Sebagaimana kita saksikan pada video di atas, ada dua orang anak, masing-masing Ananda Nayla, saat ini berusia 10 tahun dan adiknya Aqila Azalea Tabrani Yunis yang masih duduk di kelas I  SDIC Anak Bangsa di kawasan Ule Kareng, di Banda Aceh.

Ketrampilan yang dengan jelas bisa dilihat adalah ketrampilan berbahasa ( language skills), yakni kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang digunakannya sejak kecil. kemampuan ini sebenarnya sudah membuat mereka memiliki keberanian untuk berkomunikasi di depan publik. Potensi ini, kemudian dijadikan sebagai modal untuk mengembangkan berbagai kemampuan dan ketrampilan lain.

Misalnya, untuk mempromosikan suatu produk. Kedua anak ini sangat aktif membuat video atau live di facebook mempromosikan produk-produk yang ada di POTRET Gallery, sebuah tempat berbelanja yang terlerak di kawasan Pango Raya, Banda Aceh.

Mereka tanpa diarahkan dalam skenario orang tua, bisa mengembangkan sendiri. Untuk itu, berikan kebebasan kepada anak untuk mengembangkan potensi mereka. Kuncinya, ajaklah anak untuk terus melatih diri melakukan hal-hal yang kreatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN