Mohon tunggu...
Syukri Blank
Syukri Blank Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Berusaha tampil beda dengan sudut pandang yang berbeda. Admin @kopibernalar

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Realitas Media, Televisi: Super Hiburan

12 Maret 2013   18:36 Diperbarui: 24 Juni 2015   16:54 645
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Globalisasi menjadi kata popular yang berkembang dimasyarakat, globalisasi adalah hasil karya menakjubkan dari kemajuan pikiran mahluk yang bernama manusia yang tidak bisa kita pungkiri lagi. Arus globalisasi menerjang seluruh penjuru dunia termasuk juga Indonesia, perkembangan ini beriringan dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi yang memudahkan penyebaran informasi dengan cepat dan luas. perkembangan teknologi ini berimplikasi pada muncul banyaknya media massa di Indonesia baik cetak, elektronik maupun online. Seperti halnya televisi juga mengalami peningkatan sangat signifikan dalam jumlah maupun kreatifitas konten program yang disuguhkan pada penontonnya.

Tanpa disadari atau disadari industri media massa khususnya televisi telah memberikan banyak pengaruh pada masyarakat. apa yang ditayangkan televisi akan berdampak pada psikologi masyarakat yang mempunyai kecenderungan untuk meniru apa saja dari pengalaman mereka menonton televisi. sasarannya tidak pandang bulu entah anak-anak, remaja, eksekutif muda ataupun orang tua sekalipun semua bisa saja menikmatinya dan terjebak didalamnya.

Pada dasarnya media massa (televisi) memiliki berbagai macam fungsi sosial, yakni media informasi, pendidikan, control sosial, lembaga ekonomi dan juga hiburan[1]. Namun pada realitasnya fungsi media tersebut tidak terpenuhi semuanya. Ketika banyak dari kita memikirkan bagaimana televisi bisa digunakan untuk kepentingan pendidikan justru realitas sekarang sangat terbalik. Media televisi semakin gencar meluncurkan program tayangan hiburan. sebut saja OVJ, Bukan Empat Mata, Sinetron Kolosal Indosiar, FTV SCTV, Acara Music, tayangan keseharian selebritis, dan banyak lagi lainya. Televisi semakin cendrung menjalankan fungsi ekonominya melalui program-program hiburan baik yang bermuatan humor, mistik, seksual, politik,dll.

Fungsi hiburan sebenarnya hanya sebuah fungsi tambahan, yaitu sebagai hiburan, relaksasi, pengalihan ketegangan, sebagai iringan 3 (tiga) fungsi aktifitas media massa yang di kemukakan oleh Harold D. Lasswell[2]. Tetapi kita bisa menyaksikan sendiri bahwa bahasapertelevisian indonesia saat ini adalah berbahasa super-hiburan bahkan adopsi program acara pun dilakukan demi menjaga kelangsungan ekonomi dan mengikat penontonnya, seperti program Indonesian idol, dan yang baru lagi yaitu X-factor. Mungkin ini sah-sah saja karena nyatanya masyarakat juga menikmatinya, Berdasarkan realitas tersebut secara tidak langsung kita dituntut untuk bisa mengembangkan kesadaran kritis masyarakat terhadap pemanfaatan media, melalui pendidikan media (literasi media), maupun dengan mengembangkan media alternatif.

[1] Ropingi el Ishaq, 2011, Di Balik Wacana Sinetron Ramadhan, STAIN Kediri press, hal.32

[2] Prilani, 2010, Radio Kampus, Yogyakarta, Nadi Press. hal.16

Sumber bacaan lain:

http://remotivi.or.id/kupas/berbahasa-satu-bahasa-televisi-hiburan

http://coffilosofia.wordpress.com/2013/02/02/realitas-media-massa-niklas-luhmann/

http://esaunnggul.ac.id/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun