Oleh: Syamsul Yakin dan Syifa Nur Azizah
(Dosen dan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Di era digital, dakwah tak lagi terbatas mimbar, tapi merambah ke smartphone dan media sosial. Artikel ini akan membahas peluang dan tantangan dakwah digital, serta strategi khusus untuk Gen X, Milenial, Gen Z, dan Gen Alpha, selaras dengan firman Allah dalam QS An-Nahl: 125, ”Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik.”
Tantangan dan Peluang Dakwah Digital
Infobesity & Hoaks: Banjir informasi dan disinformasi membutuhkan da’i yang membekali audiens dengan literasi digital.
Rentang Perhatian Pendek & Filter Bubble: Konten harus menarik dan algoritma dapat membatasi pandangan, berpotensi memecah belah umat.
Kecanduan Digital: Mengurangi waktu untuk refleksi spiritual.
Peluang:
Jangkauan Global & Interaksi Langsung: Dakwah tanpa batas geografis dengan komunikasi dua arah.
Format Konten Beragam & Persona Langsung Video, podcast, infografis, hingga artikel interaktif yang relevan.
Kolaborasi Lintas Batas: Memudahkan kerja sama antar da’i dan komunitas.