Mohon tunggu...
Syifa Maulida Hajiri
Syifa Maulida Hajiri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Gadjah Mada

Syifa tertarik dengan dunia jurnalistik dan media kreatif, terutama dalam serba-serbi perfilman.

Selanjutnya

Tutup

Beauty Artikel Utama

Salah Pilih Pembersih Wajah Bikin Jerawatan Parah, Ini Tips Memilihnya

17 September 2022   07:16 Diperbarui: 18 September 2022   18:51 780
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi kulit berjerawat | Gambar: Freepik/wayhomestudio

Jerawat adalah salah satu masalah yang paling bikin saya pusing. Saya rasa jerawat juga menjadi momok untuk banyak orang di Indonesia, baik laki-laki ataupun perempuan. 

SMP adalah salah satu masa-masa tersulit bagi saya. Bukan karena PR yang menumpuk, tetapi karena penampilan kulit wajah saya yang penuh dengan jerawat.

Kurang Percaya Diri karena Wajah Berjerawat

Rasa percaya diri saya sangat menurun karena jerawat yang memang parah. Sampai-sampai saya tidak suka bercermin karena tidak suka melihat muka saya sendiri. Kalau diingat-ingat lagi memang bikin sedih, sih.

Kurang lebih satu tahun, wajah saya penuh dengan jerawat. Dalam pikiran saya saat itu, saya merasa penyebab jerawat saya ada banyak, bisa saja dari makanan atau mungkin stres. Apalagi masa SMP itu kan masa-masa pubertas jadi ada perubahan hormon dan perubahan fisik lainnya.

Setelah lama kulit berjerawat parah, salah satu tante saya merekomendasikan untuk periksa ke dokter SPKK karena memang kondisi wajah saya tidak kunjung membaik. Akhirnya saya sempatkan untuk periksa ke dokter tersebut. 

Saat saya berkonsultasi dengan dokter, beliau menjelaskan ternyata salah satu penyebab kulit saya berjerawat adalah salah pilih sabun pembersih wajah. Ternyata kesalahan itu bikin kulit saya terlalu kering yang akhirnya menimbulkan jerawat.

Saat itu saya memang kurang menyadari ternyata pemilihan sabun pembersih wajah itu sangat penting. Setelah itu saya sangat berhati-hati soal urusan produk-produk pembersih wajah yang saya gunakan. Berikut tips yang dapat saya bagikan.

Tips Memilih Produk Pembersih Wajah

1. Ketahui tipe kulit wajah Anda

Mengenal seperti apa tipe kulit wajah yang Anda miliki ini sangat penting, karena akan menentukan langkah selanjutnya dalam pemilihan produk pembersih wajah. Anda bisa mengamati dan merasakan apakah tipe kulit Anda adalah yang kering, berminyak, kombinasi, atau kulit yang sensitif.

2. Pilih sabun pembersih wajah berdasarkan tipe kulit 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun