Mohon tunggu...
Syarif Hidayat
Syarif Hidayat Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mahasiswa

Bismillahirrohmanirrohim

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Perubahan Gaya Berpakaian Masyarakat Indonesia Akibat Adanya Modernisasi dan Globalisasi

6 Mei 2020   13:59 Diperbarui: 2 November 2021   12:38 49804 5 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengamati Perubahan Gaya Berpakaian Masyarakat Indonesia Akibat Adanya Modernisasi dan Globalisasi (unsplash/hannah morgan)

Seiring berkembangnya arus globalisasi saat ini membuat masyarakat Indonesia hampir kehilangan kebudayaan mereka sendiri terutama di kalangan remaja, karena banyak remaja yang menganggap budaya yang dimiliki bangsa sendiri adalah budaya yang kuno dan tidak sesuai dipakai pada zaman sekarang, salah satunya dalam bidang berpakian. 

Hal ini disebabkan karena semakin pesatnya modernisasi di Indonesia memudahkan pengaruh perubahan sosial pola pemikiran masyarakat Indonesia yang awalnya tradisional menjadi modern, peristiwa ini sebenarnya memberikan dampak positif dan negatif dalam perkembangan di era milenial ini.

Globalisasi adalah suatu fenomena kusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari perubahan yang dialami oleh masyarakat global. 

Globalisasi bukanlah istilah yang asing bagi kita, karena hal itu sudah mendarah daging dalam aktivitas manusia seperti pakaian, gaya hidup, teknologi dan lain-lain. Globalisasi akan terus berjalan tanpa ada yang bisa menghentikannya.

Globalisasi menimbulkan dampak yang dirasakan oleh masyarakat, dampak itu terbagi menjadi dampak positif dan negatif, dampak positifnya antara lain perubahan tata nilai dan sikap, berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, dan tingkat kehidupan yang semakin membaik. Sedangkan dampak negatifnya adalah pola hidup konsumtif, sikap individualistik, gaya hidup ke barat-baratan, dan kesenjangan sosial.

Baca juga : Nadiem Makarim, Tetap Setia dengan Gaya Busana Milenialnya!

Modernisasi adalah proses masa kini atau menuju masyarakat modern, dalam hal ini menyebabkan sebuah tantangan yang membawa pengaruh terhadap bangsa Indonesia kepada perilaku peniruan budaya barat, hal ini terjadi pada generasi milenial yang kini lebih menyukai produk luar negri daripada dalam negri.

Pakaian adalah bahan tekstil yang digunakan oleh tubuh sebagai kebutuhan pokok manusia selain makanan, adanya modernisasi membuat gaya berpakaian masyarakat Indonesia semakin berubah kususnya dikalangan remaja. 

Tentu sangat berbeda gaya berpakaian masyarakat Indonesia zaman dulu dan zaman sekarang, kalau dulu masyarakat Indonesia hanya menggunakan pakaian-pakaian sederhana (tradisional) seperti batik, jarik, dan kebaya sebagai ciri khas budaya lokal. Tetapi saat ini masyarakat Indonesia cenderung menggunakan pakaian yang cenderung menirukan gaya berpakaian orang barat.

Gaya hidup masyarakat terus berkembang seiiring dengan perkembangan jaman yang banyak dipengaruhi oleh globalisasi dan modernisasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan