Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan & Penulis

Konsultan di DSS Consulting, Pengajar Pendidikan Bahasa Indonesia & Edukator Dana Pensiun. Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Unpak. Pendiri TBM Lentera Pustaka. Ketua Ikatan Alumni Bahasa dan Sastra Indonesia (IKA BINDO) FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Sekjen IKA FBS UNJ (2013-sekarang), Wasekjen IKA UNJ (2017-2020). Penulis & Editor dari 25 buku. Buku yang telah cetak ulang adalah JURNALISTIK TERAPAN & "Kompetensi Menulis Kreatif", Antologi Cerpen "Surti Bukan Perempuan Metropolis". Pendiri & Kepala Program TBM Lentera Pustaka di Gn. Salak Bogor. Owner & Education Specialist GEMA DIDAKTIKA, Pengelola Komunitas Peduli Yatim Caraka Muda YAJFA, Pengurus Asosiasi DPLK Indonesia (2003-Now). Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

TBM Lentera Pustaka Gelar Lomba Serba Buku 17 Agustusan

26 Juli 2019   07:11 Diperbarui: 26 Juli 2019   07:22 0 0 0 Mohon Tunggu...
TBM Lentera Pustaka Gelar Lomba Serba Buku 17 Agustusan
sumber: dokpri

Agustus 2019 ini, Bangsa Indonesia akan merayakan HUT Kemerdekaan ke-74.

Bangsa ini, dengan segala lebih kurangnya patut beryukur tiada tara atas karunia dan anugerah Allah SWT. Merdeka dan bisa menjalani aktivitas sehari-hari tanpa kendala, bahkan ancaman.

Maka selalu ada cara unik dan kreatif dalam merayakan HUK Kemerdekaan RI ke-74 kali ini. Salah satunya di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di Desa Sukaluyu Kec. Tamansari Kaki Gunung Salak Bogor. 

Tiap 17 Agustusan menggelar "LOMBA SERBA BUKU dan PESTA JAJANAN KAMPUNG GRATIS" sebagai wujud syukur dan membangun nasionalisme anak-anak dan warga di sekitarnya.

Lomba Serba Buku, artinya hampir semua mata lomba dari 20 lomba yang digelar "harus sambil memegang buku" yang ada di taman bacaan Lentera Pustaka. 

Mulai dari 1) senam literasi, 2) parade literasi, 3) membaca bersuara, 4) makan kerupuk sambil pegang buku, 5) joget balon pakai buku, 6) jalan sehat, 7) balap karung, 8) tangkap bebek, dan sebagainya. Intinya, lomba apa saja sambil membawa buku.

Uniknya lagi, selama lomba berlangsung pun akan disediakan "jajanan kampung gratis" dari para pedagang yang biasa keliling kampung, seperti cilok, bakso, cincau  untuk 100-an anak-anak dan warga sebagai realisasi praktik "budaya antre" dengan menggunakan kupon yang disediakan oleh TBM Lentera Pustaka.

"Lomba Serba Buku adalah tradisi di Taman Bacaan Lentera Pustaka. Sebagai momentum mempersatukan anak-anak dan warga, di samping berbagi keceriaan bersama sambil merayakan kemerdekaan RI. 

Ada 20-an mata lomba dan semua hadiah adalah donasi dari rekan atau korporasi yang peduli" ujar Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM Lentera Pustaka.

Kapan? Rencananya Lomba Serba Buku ala TBM Lentera Pustaka yang bertajuk "Langkah Kecil tuk Indonesia Besar" akan digelar pada Minggu, 18 Agustus 2019 mulai pukul 06.00 s.d. 18.00 WIB di area TBM Lentera Pustaka Kaki Gn. Salak Bogor. Tidak kurang 200-an orang ikut serta sambil menggelar upacara bendera peringatan 74 Tahun Kemerdekaan RI.

Kenapa Lomba Serba Buku?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x