Mohon tunggu...
Syakillah Shaqrina
Syakillah Shaqrina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PBSI FKIP Universitas Ahmad Dahlan

Syakillah Shaqrina merupakan mahasiswi yang menempuh pendidikan di prodi PBSI FKIP Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Merasakan Sensasi Buka Puasa yang Unik ala Anak Pesisir Pantai

22 April 2021   15:01 Diperbarui: 22 April 2021   15:54 971 32 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merasakan Sensasi Buka Puasa yang Unik ala Anak Pesisir Pantai
Dok. pribadi

Bulan suci ramadhan merupakan momentum yang paling dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Di setiap daerah di seluruh dunia terkhususnya di Indonesia yang memiliki ciri khas tersendiri dalam menjalankan kegiatan di bulan puasa, salah satunya yaitu buka bersama (bukber). Kegiatan buka bersama tidak hanya dilakukan untuk sekadar menunaikan buka puasa tetapi juga sekaligus untuk mempererat tali silaturahmi dengan keluarga, saudara, dan teman-teman. Bulan puasa tahun 2021 ini masih sama dengan tahun lalu, dimana segala kegiatan yang menimbulkan keramaian masih dibatasi lantaran pandemi covid-19 masih belum berkahir. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, segala aktifitas di bulan puasa seperti ngabuburit dan buka bersama dapat dilakukan tanpa adanya rasa khawatir tertular virus covid-19.

Di setiap daerah tentu memiliki ciri khas disetiap bulan ramadhan tak terkecuali di Pulau Bangka. Pulau Bangka sendiri terkenal dengan keindahan pantai dan kekayaan hasil laut yang melimpah, sama halnya seperti kota Palembang, kita bisa dengan mudah menemukan beragam makanan yang bahan dasarnya terbuat dari ikan salah satunya pempek, tekwan dan lain sebagainya. Mayoritas mata pencarian di Bangka Selatan terkhususnya di Kepulauan pongok yaitu berprofesi sebagai nelayan. Nelayan di pulau pongok menggunakan perahu yang ukurannya cukup besar yang disebut bagan dan biasanya digunakan oleh nelayan untuk mencari ikan di sekitar pulau.

Kepulauan Pongok memiliki keindahan pantai dan terumbu karang serta air laut yang jernih, surga bagi para pencinta snorkling. Menyadari bahwa Kepulauan Pongok dapat mengembangkan wisata yang selama ini belum diperkenalkan ke wisatawan, Pemuda Pemudi Kepulauan Pongok akhirnya mulai melakukan upaya untuk mengembangkan pariwisata yang ada di Kepulauan Pongok. Bermodalkan kreatifitas dan memanfaatkan prasarana di Kepulauan Pongok, Pemuda Pemudi Kepulauan Pongok membuat trobosan unik pada bulan suci ramadhan tahun ini yaitu dengan merealisasikan ide dan kreatifitas mereka melalui kegiatan buka bersama diatas perahu Bagan. Pemuda-pemudi Kepulauan Pongok didukung oleh pemeritah desa membuat paketan wisata bukber diatas perahu Bagan untuk wisatawan yang ingin merasakan sensasi berbuka puasa diatas perahu Bagan.

Tidak hanya mendapatkan pengalaman yang unik, wisatawan juga dapat merasakan kuliner khas Kepulauan Pongok sebagai hidangan berbuka puasa. Selain itu, bersama dengan Persatuan Pemuda Pemudi Kepulauan Pongok, wisatawan akan diajak berkeliling menggunakan perahu Bagan disaat sore hari sebelum menjelang waktu berbuka puasa. Wisatawan dapat menikmati semilir angin laut, dan menghirup aroma pantai serta melihat matahari terbenam  diatas perahu Bagan.

Berbuka puasa dengan sensasi yang berbeda yaitu dengan berbuka puasa diatas perahu Bagan sembari menikmati keindahan Kepulauan Pongok dapat menurukan tingkat stres setelah melakukan berbagai macam pekerjaan. Badan yang sehat adalah pemicu utama dalam meningkatkan semangat melakukan kegiatan. Oleh karena itu, sebagai manusia kita juga harus membuat pikiran kita tidak terlalu terbebani oleh kegiatan dan kesibukan yang telah kita lakukan sehari-hari. Menikmati hidup dengan cara memanjakan diri dan menyatu dengan keindahan alam Kepulauan Pongok dengan menikmati sensasi unik berbuka puasa diatas perahu Bagan merupakan salah satu alternatif liburan di masa pandemi.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN