Mohon tunggu...
Syakia Surya Dewi
Syakia Surya Dewi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

But they plans, and Allah Plans. And Allah is the best of Planners. [3:54]

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Pendampingan Komunitas Kasaji dengan Penerapan E-Catalog Berbasis Website oleh Peserta Hibah MBKM UNS 2022

28 November 2022   15:35 Diperbarui: 28 November 2022   15:40 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri
Dokpri

Komunitas Kasaji adalah salah satu komunitas di bawah naungan KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Surakarta. Kasaji terbentuk dengan latar belakang komitmen bersama para creator dan artisan Solo Raya untuk saling berbagi pengalaman, pengetahuan dan kreativitas dengan tulus dan ikhlas. 

Maka berdasarkan latar belakang tersebut KASAJI mempunyai tujuan mulia untuk menyatukan kreativitas, ide dan gagasan para anggotanya dalam berbagi pengalaman dan pengetahuan baik kepada internal anggotanya maupun masyarakat luas dengan dilandasi ketulusan dan keikhlasan. 

Saat ini, anggota Komunitas Kasaji berjumlah 16 UMKM, diantaranya, yaitu : Etnic-k; Hartanto Art; Elmart Junico; B Handycraft; Look_art; 78woodenart; Anastasiaika.id; Macrame Batu Jawa; Omah Kidul Craft; reRONce Eco Art; Artha Creative Desain; Kreasi Janur; New Ecoral Ecofriendly; Gundala Art; D tik; dan Kinanti. 

Kegiatan pendampingan UMKM ini memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan produk UMKM, penggalakan digital marketing dan pembuatan company profile UMKM. Hasil Pendampingan juga dilaporkan ke Kadin bersama Direktur Kadin agar pihak Kadin mengetahui perkembangan pendampingan UMKM dan untuk memberikan saran-saran untuk UMKM anggota Komunitas Kasaji.

Selain didampingi, ada juga projek kelompok untuk Komunitas KASAJI. Perkembangan teknologi yang sangat pesat di era sekarang ini, membuat kami tergerak untuk melaksanakan project Hibah MBKM UNS 2022 dengan membuatkan website untuk komunitas KASAJI. Website merupakan salah satu media yang tepat untuk mengenalkan komunitas maupun UMKM, terlebih komunitas KASAJI yang masih terbilang baru, sehingga banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan komunitas KASAJI yang berada di Kota Surakarta.

Kami yang beranggotakan 9 orang mahasiswa memiliki keterlibatan untuk melakukan pendampingan di 3 UMKM bagian dari Komunitas Kasaji dengan masing-masing 3 mahasiswa di setiap UMKM. UMKM yang dimaksud adalah Etnic-k, B Handycraft, dan reRONce Eco Art. Ada berbagai macam kegiatan yang telah terlaksana di masing-masing UMKM.

Dokpri
Dokpri

Dalam pelaksanaan magang di Etnic-k, semua kegiatan dilakukan secara terperinci. UMKM Etnic-k ini mempunyai tujuan utama dapat  menjangkau pasar ekspor ke luar negeri. Negara yang telah berhasil diekspor yaitu, Amerika Serikat dan Eropa yang mencakup Mexico, Belgia, dan Perancis. 

Keputusan untuk melakukan ekspor dilatarbelakangi oleh  fakta bahwa seni kerajinan lebih dihargai di luar negeri dan harga yang ditawarkan dapat lebih bersaing. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun