Mohon tunggu...
Syahiduz Zaman
Syahiduz Zaman Mohon Tunggu... Dosen - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Penyuka permainan bahasa, logika dan berpikir lateral, seorang dosen dan peneliti, pemerhati masalah-masalah pendidikan, juga pengamat politik.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Membahas Pembelajaran Kreatif di Kurikulum Pendidikan

9 Februari 2024   09:07 Diperbarui: 9 Februari 2024   09:23 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi pembelajaran kreativitaas. (Freepik/master1305)

Dimasukkannya pembelajaran kreatif dalam  kurikulum pendidikan bukan lagi opsi tetapi kebutuhan. 

Di era integrasi global dan kemajuan teknologi yang pesat, kemampuan berpikir secara kreatif dan inovatif merupakan prasyarat mendasar bagi peserta didik untuk berkembang di masa depan. 

Artikel "Creative learning in education", ditulis oleh Ronald A. Beghetto (2021) dan diterbitkan dalam "The Palgrave Handbook of Positive Education", memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana pendidikan dapat secara efektif menumbuhkan kreativitas, meningkatkan pengalaman pendidikan peserta didik, dan membekali mereka untuk menghadapi hambatan praktis. 

Dengan menggunakan metode yang dirancang khusus untuk memicu pemikiran kreatif dan penerapan inovatif, pembelajaran kreatif memberi peserta didik kemampuan untuk menganalisis kesulitan dari berbagai sudut pandang, mengeksplorasi solusi yang belum pernah ada sebelumnya, dan beradaptasi dengan fleksibilitas dan keaslian terhadap keadaan yang terus berkembang. 

Ini membuka diskusi tentang pentingnya mengintegrasikan kreativitas dalam pendidikan, merangkum beberapa pendekatan untuk memajukan pendidikan yang mendukung pengembangan kreativitas peserta didik.

***

Pembelajaran kreatif tidak sekadar menambah nilai estetika atau hiburan; hal ini mendasari pengembangan keterampilan penting yang diperlukan untuk inovasi dan pemecahan masalah di berbagai bidang. 

Dalam konteks ini, pemikiran Ronald A. Beghetto menawarkan wawasan berharga tentang bagaimana pendidikan dapat dan harus mendukung pembelajaran kreatif untuk memanfaatkan potensi peserta didik sepenuhnya. 

Ini menggarisbawahi perlunya lingkungan pendidikan yang mendorong penelitian dan perwujudan konsep-konsep inovatif dengan menggali dampak positif kreativitas terhadap prestasi akademik dan kemajuan masyarakat.

Pembelajaran kreatif memungkinkan peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam materi pembelajaran pada tingkat yang lebih mendalam, sehingga menumbuhkan kapasitas analisis kritis dan penyelesaian inovatif terhadap masalah-masalah kompleks. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun