Mohon tunggu...
Syafriandi
Syafriandi Mohon Tunggu... S1 Ekonomi Manajemen

Syafriandi adalah seorang full time blogger yang hanya hobi menulis dan saat ini fokus untuk pendidikan S2

Selanjutnya

Tutup

Karir

PT Gunung Gilead Dapat Sertifikat ISO 9001: 2015 Quality Management System

4 Juli 2019   15:31 Diperbarui: 4 Juli 2019   15:43 0 0 0 Mohon Tunggu...

Semakin berjalannya waktu, maka kualitas sebuah perusahaan tidak hanya tertuju pada kualitas hasil produk yang dijualnya saja. Namun sistem management yang baik, juga turut menentukan kualitas produk dan kualitas sumber daya manusia yang berhasil ditingkatkan. 

Salah satu indikator untuk menunjukkan bahwa perusahaan sudah menggunakan standar manajemen yang berkualitas adalah dengan diperolehnya sertifikasi ISO 9001. Sertifikat tersebut juga kini sudah didapat oleh PT. Gunung Gilead, yang beroperasi di bidang Carton Box manufacture. Adapun sertifikat yang didapat adalah ISO 9001 : 2015, Quality Management System.   

Apa itu sertifikat ISO 9001 : 2015 Quality Management System

Sebelum membahas lebih dalam tentang ISO 9001 : 2015 Quality Management System, ada baiknya jika mengenal ISO 9001. Ini adalah sistem standar manajemen mutu, yang dirancang sedemikian rupa untuk membantu sebuah organisasi, dalam memastikan bahwa organisasi tersebut, mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dan stakeholdernya, dalam memenuhi persyaratan Perundangan, hukum dan peraturan terkait, yang berhubungan dengan produk dan jasa yang dijualnya. 

Sedangkan ISO 9001 : 2015 sendiri adalah standar dokumen / standar persyaratan yang akan mencantumkan beberapa persyaratan yang harus dijalankan, oleh organisasi tersebut, untuk kemudian dijaga implementasinya. ISO 9001 : 2015 adalah sistem standar terbaru dari manajemen mutu, yang mampu menghasilkan sebuah perusahan yang benar-benar bermutu.  

Itu sebabnya, penting artinya bagi Gunung Gilead memperoleh sertifikasi yang satu ini, karena hal ini sangat berkaitan erat dengan dasar dari sistem manajemen mutu. Seperti yang tertuang dalam prinsip manajemen mutu dari ISO 9001 tahun 2015 tersebut, antara lain :

  1. Customer focus

Fokus customer, sendiri adalah prioritas utama dari sistem manajemen mutu. Sebagai bentuk aplikasinya, adalah memberikan semua kebutuhan yang diharapkan oleh para konsumen, atau bahkan lebih, agar konsumen merasa puas karenanya. Hal ini tentunya berimbas pada keberlangsungan perusahaan dalam jangka panjang. 

  1. Leadership

Dimana setiap pemimpin yang ada di dalam perusahaan mempunyai peran penting, sebagai pelatih yang memiliki target sama dengan perusahan, dengan cara memberdayakan karyawan. Tentunya keputusan yang dibuat harus berdasarkan fakta, dan sistem tersebut, dapat diwariskan ke generasi berikutnya. 

  1. Engagement of people

Mampu menciptakan serta memberikan nilai lebih pada para konsumen, baik didukung oleh personil yang kompeten, serta mampu memberdayakan dan terlibat dalam semua tingkatan yang ada di seluruh perusahaan. Caranya adalah dengan mempromosikan pendekatan proses, serta pentingnya kontribusi dalam setiap tingkatan yang ada di perusahaan. 

  1. Process Approach

Ini adalah sistem manajemen mutu yang telah diterapkan dalam sebuah perusahaan, dan bukan dibuat berdasarkan pendekatan antara departemen. Melainkan berdasarkan proses murni yang ada di dalam sebuah perusahaan, dengan melibatkan berbagai macam pihak terkait.  

  1. Improvement

Perusahaan yang sukses, adalah perusahaan yang mampu bertahan dalam persaingan, karena sejak awal fokus pada improvement / peningkatan kualitas perusahaan.  Bentuk aplikasinya sendiri adalah dengan melakukan berbagai perubahan, serta meningkatkan berbagai macam hal baik internal maupun eksternal yang tentunya sudah disesuaikan dengan iklim perubahan yang ada. 

  1. Evidence Based Decision Making

Artinya adalah mampu membuat keputusan berdasarkan fakta dan juga data yang ada. Dalam aplikasinya, sebuah perusahaan mampu menetapkan berbagai kesimpulan, dari permasalahan yang ada, melalui analisis fakta dan data yang diperoleh berdasarkan analisa yang dilakukan sebelumnya. Hasilnya keputusan yang diambil, mampu menghasilkan keputusan yang produktif, dan pastinya tepat sasaran. 

  1. Relation Management 

Dalam rangka mempertahankan kesuksesan sebuah perusahaan, tentunya harus mampu mengelola hubungan yang baik, dengan berbagai macam pihak yang berkepentingan, seperti para pemasok, mitra kerja, para karyawan, pemerintah, masyarakat dan yang lainnya.

Manfaat diperolehnya ISO 9001 : 2015 Quality Management System

Dengan diperolehnya sertifikasi ISO 9001 : 2015 Quality Management System ini, tentunya memberikan berbagai macam manfaat pada PT. Gunung Gilead itu sendiri. Dengan sistem aplikasi dan implementasi yang tepat, pastinya sistem manajemen mutu yang diadopsi, akan semakin meningkatkan kualitas bisnis yang ada, dan bukan hanya 1 set prosedur yang disimpan dan kemudian dipampang saja. Karena sistem yang satu ini, akan ada auditnya. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan didapat oleh perusahaan ketika memperoleh sertifikasi tersebut, antara lain :

  • Manfaat untuk produktivitas

Adapun manfaat yang akan diterima untuk kualitas produk yang dibuat antara lain adalah :

  • Adanya jaminan kualitas produk yang dibuat serta proses pembuatan produk itu sendiri. 

  • Adanya peningkatan kepuasan pelanggan, terhadap produk yang dibuat. 

  • Adanya peningkatan produktivitas dalam organisasi yang ada. 

  • Adanya peningkatan hubungan yang saling menguntungkan antar departemen, dan yang lainnya. 

  • Adanya peningkatan cost efficiency yang terjadi. Tentunya hal ini akan menguntungkan untuk perusahaan itu sendiri. 

  • Manfaat untuk perusahaan 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan didapat oleh perusahaan ketika mendapatkan sertifikat tersebut, antara lain : 

  • Mampu membuat kerjasama antar karyawan dan pimpinan jauh lebih baik. 

  • Adanya support dari top management yang baik dan terkoordinasi. 

  • A

  • engan kinerja perusahaan, terutama untuk hasil produk yang dibuat, dalam hal ini adalah carton Box.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4