Mohon tunggu...
KKN UM PONOROGO
KKN UM PONOROGO Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Negeri Malang

KKN UM 2021 Desa Karangan Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengaplikasian Kemandirian Pangan, Wujud Pengabdian Masyarakat Oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Negeri Malang

18 Juni 2021   05:34 Diperbarui: 18 Juni 2021   06:19 130 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengaplikasian Kemandirian Pangan, Wujud Pengabdian Masyarakat Oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Negeri Malang
Dosen dan Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Program pengabdian masyarakat Universitas Negeri Malang edisi Covid-19 dengan lokasi penempatan yaitu Desa Karangan, Kecamatan Badegan , Kabupaten Ponorogo pada Senin 14 Juni 2021 berhasil mengaplikasikan ide kemandirian pangan. Hal tersebut karena berdasarkan hasil observasi melihat mayoritas masyarakat yang berprofesi sebagai petani, tetapi masyarakat sekitar biasanya hanya menanam tanaman padi, ketela, jagung. Tetapi untuk penanaman sayuran masih sangat kurang sehingga tercetus ide untuk pelatihan penanaman sayuran. 

Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Malang yang beranggotakan Susi Astuti Hariningsih, Tri Istiadzah Rizqi A, ini dibimbing oleh Bapak Slamet Fauzan, S.Pd., M.Pd. dalam program kerja 'Family Farming' yang berfokus pada pelatihan penanaman tanaman keluarga.

Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan kegiatan pembukaan yang dibuka oleh Tri Istiadzah Rizqi A dan kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari bapak Widodo selaku perwakilan dari warga dukuh dilem. Setelah kegiatan pembukaan dilanjutkan dengan kegitan simulasi pencampuran media tanam yang dilakukan oleh Farizal Aminnul Fauzy dan Indra Priamianda dari tim pengabdian masyarakat. Kemudian kegiatan terakhir adalah memasukkan media tanam dan juga proses penanaman bibit sayuran yang dilakukan oleh seluruh tim pengabdian masyarakat Universitas Negeri Malang dan masyarakat desa Karangan.

Tujuan dari pengabdian ini adalah pelatihan penanaman sayuran serta membantu pemenuhan kebutuhan sayur bagi masyarakat. Pelatihan Family Farming serta pemberian bibit sayuran dilaksanakan di rumah bapak Mulyono yang bertempat di dukuh dilem, desa Karangan, Badegan, Ponorogo. Bibit sayuran yang ditanam dan diserahkan berupa bibit tanaman cabai, terong, dan kangkung.  

Atas terlaksananya program ini tanggapan positif diberikan oleh perwakilan Bapak RT dukuh dilem, Desa Karangan. 'Kami merasa senang dan mengucapkan terima kasih kepada tim Pengabdian masyarakat Universitas Negeri Malang yang telah memberikan pelatihan penanaman bibit sayuran dan penyerahan bibit sayuran di dukuh dilem, Karangan' Ujar Bapak Widodo selaku RT di Desa Dilem, Karangan, Badegan, Ponorogo.

Dengan terlaksananya program ini, masyarakat diharapkan dapat mempraktekkan secara langsung dilingkungan sekitarnya serta untuk bibit tanaman sayuran yang sudah ditanam dapat tumbuh dengan baik dan bisa bermanfaat bagi masyarakat desa Karangan untuk memenuhi kebutuhan sayuran keluarga dan memperkuat ketahanan pangan desa di situasi pandemi seperti saat ini. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x