Mohon tunggu...
Christina
Christina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis dan Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Menggugat Kepedulian: Dosen Pembimbing dan Mahasiswa yang Tersesat

16 April 2024   09:19 Diperbarui: 16 April 2024   09:31 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernyataan masalah yang ingin kita bahas di sini adalah tentang dosen pembimbing yang kayaknya lebih milih nggak terlalu peduli sama mahasiswanya. Mereka bisa aja kelihatan kurang semangat atau enggak terlalu mau membimbing, terutama saat mahasiswa minta saran atau arahan untuk penelitian. Nah, ini tentu bikin mahasiswa jadi bingung, kehilangan arah, dan akhirnya penelitiannya jadi terhambat.

Jadi, tujuan opini ini adalah mengupas masalah ini lebih dalam, bukan cuma buat nyindir dosen pembimbing, tapi juga buat ngebahas dampaknya yang nyata pada mahasiswa. Kita pengen tahu gimana tantangan yang dihadapi mahasiswa karena kurangnya perhatian dan bimbingan dari dosen pembimbing.

Dosen Pembimbing yang Banyak Mau, Tapi Tidak Mau

Seringkali, kita menemui dosen pembimbing yang tampaknya sangat ingin membantu mahasiswa, tapi pada kenyataannya, mereka kurang konsisten dalam memberikan bimbingan yang diperlukan. Mereka mungkin merespon email dengan cepat, tapi saat bertemu langsung, mereka terlihat kurang tertarik atau bahkan terburu-buru. Fenomena ini cukup umum di perguruan tinggi dan memiliki dampak yang signifikan pada motivasi dan kepercayaan diri mahasiswa.

Jadi, gimana sih dampaknya? Pertama, ketika mahasiswa merasa bahwa dosen pembimbingnya tidak sepenuhnya berinvestasi dalam bimbingan mereka, ini bisa menghambat motivasi mereka. Bayangkan situasinya: kamu datang dengan semangat ingin belajar dan berkarya, tapi dosen yang seharusnya memberikan bimbingan malah tidak menunjukkan minat yang cukup. Akibatnya, semangat belajarmu bisa merosot.

Kepercayaan diri mahasiswa juga bisa tergerus. Ketika dosen pembimbing tidak konsisten atau tampak kurang antusias, ini bisa membuat mahasiswa meragukan kemampuan mereka sendiri. Mereka mungkin bertanya-tanya, "Apakah ide penelitianku tidak bagus?" atau "Mungkinkah aku tidak cukup kompeten untuk mendapat bimbingan yang baik?"

Dalam situasi seperti ini, mahasiswa seringkali merasa tersesat. Mereka mencari arahan dan bimbingan yang seharusnya didapat dari dosen pembimbing, tapi justru mendapati diri mereka sendiri terombang-ambing tanpa panduan jelas. Ini bisa menjadi pukulan besar bagi motivasi dan percaya diri mereka dalam menyelesaikan tugas akademisnya.

Penting bagi dosen pembimbing untuk memahami betapa pentingnya konsistensi dan komitmen dalam memberikan bimbingan kepada mahasiswa. Bukan hanya soal memberikan nasihat atau petunjuk, tapi juga memberikan dukungan dan keyakinan pada mahasiswa agar mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kekosongan Ide untuk Penelitian

Pernah gak sih kamu ngerasa kayak lagi bingung cari ide buat ngerjain tugas kuliah? Nah, ini juga yang sering dialami sama mahasiswa yang punya dosen pembimbing yang kurang aktif dalam ngasih arahan atau ide untuk penelitian mereka. Bayangin aja, kamu udah semangat banget mau bikin penelitian yang keren, tapi dosen pembimbingnya malah kayak 'bikin sepihak'. Gimana ga bikin frustasi, kan?

Situasi kayak gini bisa bikin hasil penelitian jadi kurang oke, loh. Makanya, penting banget buat dosen pembimbing punya peran yang lebih proaktif dalam memberikan arahan. Soalnya, kalau ide penelitian udah 'mentok' di satu titik, susah banget kan buat mengembangkannya jadi sesuatu yang bener-bener bermanfaat?

Jadi, kalo dosen pembimbingnya kurang aktif dalam memberikan ide, ini bisa jadi 'duri dalam daging' buat mahasiswa. Kualitas penelitian yang dihasilkan pun jadi kurang maksimal, dan kadang relevansinya juga jadi dipertanyakan. Nggak cuma itu, kadang mahasiswa juga jadi kurang termotivasi karena merasa kayak 'jalan di tempat'.

Intinya, penting banget nih buat dosen pembimbing buat lebih peduli dan aktif dalam memberikan arahan atau ide buat penelitian mahasiswanya. Supaya nantinya, hasil penelitian yang dihasilkan bener-bener bisa memberikan kontribusi yang positif buat ilmu pengetahuan. Gimana menurutmu?

Ketidaknitan Membimbing Mahasiswa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun