Mohon tunggu...
Surrotul Hasanah
Surrotul Hasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo terimakasih telah berkunjung di akun kompasiana saya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Inovasi Media Pembelajaran Lexis Triangle KKN UM Tamanharjo 2021

26 Juli 2021   17:26 Diperbarui: 26 Juli 2021   19:30 46 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tamanharjo -- Sabtu (24/7) Adanya pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19 sangat berdampak pada berbagai sektor, termasuk pendidikan. Masing-masing instansi harus berkomitmen untuk dapat beradaptasi dengan kondisi yang ada tanpa mengurangi kualitasnya. SDN 1 Tamanharjo merupakan salah satu Sekolah Dasar yang memiliki komitmen kuat untuk menjaga kualitas pembelajaran untuk siswa-siswanya. Walaupun menerapkan pembelajaran berbasis pandemi, para guru di SDN 1 Tamanharjo tetap bertekad untuk dapat beradaptasi dengan kondisi yang ada melalui pengembangan media pembelajaran. Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Negeri Malang yang dibimbing oleh ibu Vika Annisa Qurrata, S.E., M.E. mengadakan Program Pemberdayaan kepada Masyarakat pada SDN 1 Tamanharjo. Salah satu program yang dilakukan ialah pembuatan media pembelajaran bahasa Inggris yang berbasis permainan dengan nama LEXIS TRIANGLE untuk kelas IV. Program ini ditujukan untuk membantu pengembangan media pembelajaran bagi guru agar dapat menstimulasi daya belajar siswa.

Kepala sekolah SDN 1 Tamanharjo, Ibu Marsih sangat mendukung implementasi program peningkatan pembelajaran bahasa Inggris ini.  Antusias siswa pada program ini juga cukup baik, terlebih tema permainan diambil berdasarkan keseharian siswa, seperti nama hewan, benda dan buah. siswa sangat tertantang untuk berkompetisi memenangkan game satu sama lain. Masing-masing kelompok harus memiliki minimal poin untuk dapat memenangkan permainan. poin tersebut didapatkan dengan menyebutkan kata yang terdapat dalam segitiga dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris siswa, khususnya dalam hal kosa kata bahasa Inggris. Sejalan dengan itu, pembuatan media pembelajaran yang digagas oleh kelompok KKN ini dapat menjadi solusi dalam penerapan pembelajaran interaktif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan