Mohon tunggu...
Sulton Nawawi
Sulton Nawawi Mohon Tunggu... Dosen - -

Salah satu amal yang terus mengalir sampai nanti di surga, adalah ilmu yang bermanfaat. Semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi diri saya sendiri, bagi rekan, kerabat, masyarakat luas serta bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pelatihan Pemanfaatan Quizizz & Canva bagi Guru SMAN 3 Banyuasin 1

29 Desember 2023   21:50 Diperbarui: 3 Januari 2024   10:09 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dosen Universitas Muhammadiyah Palembang (UM Palembang) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di SMAN 3 Banyuasin 1 dengan judul "Pelatihan Pemanfaatan Quizizz & Canva bagi Guru" . Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkolaborasi dengan mahasiswa KKN UM Palembang Angkatan  ke-60, kegiatan ini didanai oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) UM Palembang pada tahun 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang kelas SMAN 3 Banyuasin 1. Jumlah peserta 34-50 orang yang terdiri dari Guru & Mahasiswa KKN UM Palembang.

Awal kegiatan dibuka terlebih dahulu oleh MC (Mahasiswa KKN), kemudian sambutan Kepala Sekolah SMAN 3 Banyuasin 1 (Ibu Yusriati, M.Pd.), selanjutnya sambutan dan sekaligus membuka acara oleh Ketua LPPM UM Palembang (Ibu Dr. Ir. Gusmiatun, M.P.), kemudian dilanjutkan pemberian materi tentang Pemanfaatan Quizizz & Canva bagi guru, oleh Sulton Nawawi, M.Pd. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi dan dilanjutkan dengan praktik langsung. 

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Kegiatan pelatihan pemanfaatan aplikasi canva & quizizz bagi guru di sekolah khususnya di SMAN 3 Banyuasin 1 dilaksanakan untuk mengoptimalkan kemampuan techonological knowledge yang berimplikasi pada peningkatan kemampuan TPACK. TPACK sebagai kerangka kerja dibutuhkan untuk guru di abad ke-21 yang menjadi hal pokok yang harus digiatkan sebagaimana yang telah digalakkan di negara-negara maju (Arifin et al., 2021). Kerangka kerja TPACK bila diselaraskan dengan aspek pedagogis dan keterampilan abad 21 akan memberikan kerangka kerja yang komprehensif untuk mempelajari dan mendukung pengembangan TPACK guru yang mendukung keterampilan abad 21 (Lukman et al., 2022).

Dengan menggunakan teknologi berupa media pembelajaran berbasis canva, membuat peserta didik tertarik dalam pembelajaran. Selain itu, mampu meningkatkan keberhasilan dalam pencapaian hasil yang optimal (Andriani et al., 2023). Pemanfaatan aplikasi quizizz efektif dalam meningkatkan pencapaian peserta didik dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran, memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi secara aktif dengan materi pelajaran dan memperkuat pemahaman (Fauziah* & Hadi, 2023).

Referensi:

Andriani, A., Putra, L. D., Astuti, Y. P., & Aprilia, S. (2023). KETERAMPILAN GURU DALAM PEMANFAATAN CANVA DAN QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI KOTAGEDE 3. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(4), 681. https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.49292.

Arifin, A. N., Ismail, Daud, F., & Aziz, A. (2021). Pelatihan Aplikasi Canva Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Universitas Negeri Makasar, 468--472.

Fauziah*, R., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721--2730. https://doi.org/10.24815/JIMPS.V8I3.26049.

Lukman, H. S., Sutisnawati, A., Setiani, A., & Muhassanah, N. (2022). MODEL TPACK-21 GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA SUKABUMI. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 398. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.12712.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun