Mohon tunggu...
Dewi Masyithoh
Dewi Masyithoh Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa PPG PRAJAB UAD Gel.1 Tahun 2023

Hallo semuanya!! Aku Dewi, seorang mahasiswa yang masih belajar nulis. Hobi aku bersepeda berkeliling kota, hehe.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Siswa SMAN 1 Sleman Lakukan Tadabbur Alam di Kampung Emas

8 Maret 2024   23:30 Diperbarui: 8 Maret 2024   23:35 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siswa kelas X SMAN 1 Sleman melakukan tadabbur alam di Kampung Emas Seyegan, Jum'at (8/3/2024). Kegiatan ini dilakukan untuk membantu siswa belajar gaya hidup berkelanjutan dan dapat memiliki rasa syukur terhadap keagungan ciptaan Allah SWT.

Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sleman, dan dipandu oleh beberapa bapak dan ibu guru serta beberapa mahasiswa PPL PPG UAD Gelombang 1 Tahun 2023. Acara dimulai pukul 08.00 WIB, dibuka dengan sambutan kepala SMA Negeri 1 Sleman Ibu Fadmiyati, S.Pd., M.Pd.,. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini mengajak siswa untuk tadabbur alam, yaitu menumbuhkan rasa syukur atas keagungan Allah SWT di Kampung Emas Krapyak IX. Kampung ini berlokasi di Kelurahan Margoagung, Kapanewon Seyegan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu kegiatan ini juga membantu siswa untuk belajar mengenai tema Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yaitu "Gaya Hidup Berkelanjutan". P5 akan dikerjakan selama lebih kurang 3 minggu, dan setelah itu akan dilaksanakan pameran hasil P5 oleh masing-masing kelompok kelas X bertempat di Kampung Emas Krapyak IX. Diakhir sambutannya Ibu Fadmiyati membuka kegiatan dengan bacaan basmallah.

Kegiatan Tadabbur Alam ini dilakukan di beberapa pos yaitu Pos Pemberangkatan, Pos Bayangan, Pos 1, Pos 2, Pos 3, Pos 4, Pos 5, dan Pos 6. Masing-masing kelas dibagi menjadi 6 kelompok, dan satu kelompok terdiri dari 5-6 siswa. Di Pos Pemberangkatan fasilitator atau guru mempersiapkan masing-masing kelompok, seperti mengarahkan mereka untuk membuat yel-yel, bermain permainan, dan menentukan urutan jalan setiap kelompok.

Pos Pemberangkatan
Pos Pemberangkatan

Setelah dipersiapkan di Pos Pemberangkatan, kelompok akan diarahkan untuk menyusuri jalan desa, sampai di Pos Bayangan. Pos ini terletak sebelum Pos 1, di Pos ini siswa diminta mengidentifikasi tanaman yang ada disekitar mereka dengan bantuan google lens.

Pos Bayangan
Pos Bayangan

Selesai mengidentifikasi tanaman sekitar, setiap kelompok diarahkan ke Pos 1. Di Pos ini masing-masing kelompok diberi pertanyaan dan diminta menebak tanaman yang sudah disiapkan oleh fasilitator. Tujuan dari kegiatan ini yaitu agar siswa mengenal jenis tanaman yang ada disekitar.

Pos 1
Pos 1

Dari Pos 1 siswa diarahkan menuju Pos 2. Di Pos ini perwakilan setiap kelompok akan ditutup matanya dan kemudian menebak jenis rimpang dengan cara mencium jenis rimpang menggunakan indera penciuman mereka.

Pos 2
Pos 2

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun