Mohon tunggu...
Sudomo
Sudomo Mohon Tunggu... Guru - Guru Penggerak Lombok Barat

Trainer Literasi Digital NTB; Penulis Buku 'Di Penghujung Pelukan (Mediakita), 'Pahlawan Antikorupsi: Sudah Adil, Kok!' (Funtastic MnC Gramedia), 'Tim Pencari Pesawat Sederhana' (Penerbit ANDI)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Inilah Cara Mudah Mendapatkan Uang Berlimpah dari PMM

20 Maret 2023   20:36 Diperbarui: 20 Maret 2023   20:46 1394
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi tangkapan layar PMM (Foto: Dokumentasi pribadi) 

Platform Merdeka Mengajar (PMM) saat ini menjadi rujukan bagi guru di sekolah. Terutama bagi guru yang sekolahnya akan atau telah menerapkan Kurikulum Merdeka

PMM juga menjadi pusat pelatihan mandiri bagi guru. Tujuannya agar lebih siap dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolahnya. 

Selain itu, saat ini semakin banyak guru yang memanfaatkannya untuk berbagi inspirasi. Terutama upaya mewujudkan merdeka belajar.

Terlepas dari kemungkinan miskonsepsi, sejatinya banyak manfaat PMM bagi guru. Salah satunya adalah menjadi ladang tambahan penghasilan. 

Memanfaatkan PMM Kok Demi Uang?

Memangnya kenapa? Masalahnya apa? Salahnya di mana? 

Setiap pengguna PMM tentu memiliki kemerdekaannya sendiri terkait alasan memanfaatkan. Berorientasi ilmu, tidak masalah. Berorientasi uang pun tidak salah. 

Menghasilkan uang dari PMM sebenarnya tergantung kreativitas masing-masing pengguna. Setiap pengguna memiliki peluang yang sama. 

Semakin kreatif memanfaatkan peluang yang ada, uang pun akan mengalir dengan sendirinya. Kreativitas inilah yang bisa memancing tambahan penghasilan. 

Bagaimana Mendapatkan Uang dari PMM?

Berikut beberapa cara mudah mendapatkan uang berlimpah dari PMM. 

1. Menjadi Narasumber Sosialisasi PMM

Memanfaatkan PMM akan meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Guru yang kompeten akan berpeluang menjadi narasumber dalam berbagai kegiatan terkait merdeka belajar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun