Mohon tunggu...
Sudomo
Sudomo Mohon Tunggu... Guru - Guru Penggerak Lombok Barat

Trainer Literasi Digital | Ketua Komunitas Guru Penggerak Lombok Barat | Duta Teknologi Kemendikbudristek 2023 | Penulis Buku

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Tidak Usah Ikut Program Guru Penggerak!

15 Januari 2023   07:00 Diperbarui: 16 Januari 2023   18:16 86253
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Pembelajaran yang menyenangkan ala guru penggerak. (Foto: Dokumentasi pribadi) 

Saya yakin pasti beberapa orang pernah atau bahkan sering mendengar kalimat larangan tersebut. Bahkan tidak jarang kalimat tersebut terlontar dari oknum rekan sejawat di sekolah. Bahkan juga ada yang terlontar dari oknum kepala sekolah. Lebih parahnya lagi terlontar dari seorang oknum pejabat di lingkup dinas pendidikan

Memang selama tidak ada yang mewajibkan, mengikuti program guru penggerak bukanlah keharusan. Yang menyebabkannya menjadi sebuah keharusan adalah pentingnya terus belajar. 

Terutama hal-hal baru yang dapat menyegarkan ingatan. Sekaligus juga mengubah mindset tentang pembelajaran berpusat pada murid. Termasuk materi-materi penting dalam program guru penggerak yang mendukung pembelajaran yang memerdekakan. 

Sebenarnya tidak salah juga apabila ada yang berkata, "Tidak usah ikut program guru penggerak!" Kenapa? Karena memang setiap orang memiliki kebebasan berpendapat. 

Selain itu, masing-masing individu memiliki cara pandang berbeda terhadap suatu isu. Bisa jadi ungkapan tersebut muncul karena ada beberapa hal yang dilihat secara kasat mata. 

Misalnya, Calon Guru Penggerak (CGP) yang terlihat selalu sibuk dan repot dengan tugas-tugas. Selain itu, juga ada yang menyampaikan hal tersebut karena melihat ada CGP yang sering meninggalkan tugas demi mengikuti pendidikan. 

Hal-hal tersebut adalah beberapa yang mendasari munculnya larangan untuk tidak usah mengikuti program guru penggerak. Mungkin pernyataan itu tidak akan terlontar jika telah ikut masuk ke dalam program. 

Dalam artian ikut berkecimpung langsung sebagai aktor utama atau pendukung program. Setidaknya akan membuat berpikir ulang untuk mengeluarkan pernyataan seperti itu. Pernyataan tanpa dasar yang lahir dari hal-hal negatif berupa prasangka buruk terhadap jalannya program. 

Pernyataan tersebut tentu bersifat destruktif negatif. Sebuah pernyataan yang akan membuat seseorang berpikir ulang tentang keputusan baik yang akan diambilnya terkait keikutsertaan dalam program guru penggerak. Akan lebih bijak jika pernyataan tersebut tidak sampai keluar dari guru maupun aktor pendidikan lainnya. 

Tanpa adanya pernyataan tersebut tentu program ini akan menjadi lebih banyak peminatnya. Semakin meningkat peminat artinya akan memperluas jangkauan sasaran program. Jangkauan guru sasaran yang bertambah banyak akan membuka lebar kesempatan banyak murid memperoleh pendidikan yang lebih membahagiakan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun