Mohon tunggu...
SUDARWATI
SUDARWATI Mohon Tunggu... Guru - GURU

MAKAN,JALANJALAN,BACA BUKU,MEMASAK

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Siklus dan RTL

9 Desember 2022   20:18 Diperbarui: 9 Desember 2022   20:49 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

TK Mawar Putih 3 Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan

Lingkup Pendidikan

PAUD

Kelompok/usia

A / 4-5 tahun

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan anak dalam  membandingkan besar kecil suatu benda,  menggunakan media konkret yaitu singkong.

Penulis

Sudarwati, S.Pd

Tanggal

12 Nopember 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:

1.Sebelumnya pembelajaran hanya menggunakan LKA saja.

2. Guru belum pernah menggunakan benda konkret dalam pembelajaran.

3. Berdasarkan hasil wawancara teman sejawat kurangnya semangat belajar karena tidak mendapatkan motivasi dari orang tua.

Praktik ini perlu dibagikan karena :

1. Dengan menggunakan media benda konkret anak mampu membandingkan ukuran besar kecil suatu benda.

2.Dengan menggunakan video pembelajaran anak dapat memahami proses penanaman singkong.

Yang menjadi peran dan tanggung jawab dalam praktek ini adalah

1.Guru sebagai motivator. Dalam hal ini guru harus memotivasi penuh untuk pembelajaran dan guru harus memilih media yang menarik agar anak antusias dalam pembelajaran.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan :

1.Mengkondisikan anak pada kegiatan pembelajaran.

2.Pengadaan benda konkret olahan dari singkong(gethuk, utri, klepon) sulit didapatkan.

3.Kurang fokus dalam menjalankan skenario pembelajaran.

Orang Yang Terlibat :

  1. Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran.
  2. Guru sebagai fasilitator.
  3. Teman sejawat membantu mengambil video.
  4. Dosen dan Guru Pamong yang membimbing pembuatan RPP Siklus 3.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang dilakukan adalah

1.Membuat peraturan yang bisa disepakati bersama dengan anak.

2.Memesan olahan dari singkong(gethuk, utri, klepon)terlebih dahulu.

3.Membuat catatan kecil berisi urutan kegiatan sesuai dengan skenario pembelajaran.

Sumber atau materi yang digunakan:

1.Penggunaan laptop untuk menayangkan video pembelajaran.

2.Penggunaan media benda konkret berupa singkong dapat mengetahui bentuk dan ukuran besar kecil singkong.

3.Mendapatkan dukungan dari kepala sekolah dan rekan sejawat.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Refleksi hasil siklus 3:

      Berdasarkan dari hasil penilaian pembelajaran yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan dalam kemampuan anak pada pengembangan kemampuan numerasi dalam kegiatan mengurutkan gambar singkong di TK Mawar Putih 3 Maospati Magetan.Presentase keberhasilan anak menjadi 71% dengan rincian 5 anak BSH(berkembang sesuai harapan) dan 2 anak MB(mulai berkembang).

     Kegiatan mengurutkan gambar singkong ternyata efektif dalam mengatasi dalam mengatasi permasalahan anak untuk  membandingkan besar kecil suatu benda.Keberhasilan ini juga dipengaruhi oleh pemilihan media pembelajaran yang menarik dan cara guru menyampaikan materi sesuai dengan karateristik anak.

Respon orang lain:

     Rekan sejawat merespon positif atas strategi pembelajaran inovatif yang telah dilaksanakan.

Faktor keberhasilan:

    Menggunakan media pembelajaran benda konkret yaitu singkong sehingga pembelajaran lebih menarik karena anak bisa belajar dengan langsung dan lebih bermakna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun