Travel

Sekeping Surga di Lereng Lawu

10 November 2018   17:34 Diperbarui: 10 November 2018   17:50 192 1 0
Sekeping Surga di Lereng Lawu
(dok. pribadi)

Menjelajahi wisata Indonesia tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi jawa timur,provinsi yang berbatasan langsung dengan provinsi bali dan jawa tengah  ini memang mengundang decak kagum untuk siapapun. kita bisa menikmati pantai yang indah,gunung tertinggi di jawa,maupun kawah ijen yang memancarkan cahaya biru yang memanjakan mata.

Tapi,banyak dari segilintir kita hanya mengunjungi kota-kota yang sudah terkenal akan pariwisatanya sehingga banyak kota atau kabupaten yang kurang memiliki perhatian oleh para pelancong. Padahal banyak loh destinasi yang seru dan Indah lain seperti Magetan contohnya, kota ini mengundang ketertarikan bagi saya.

Bukan tanpa sebab karena kota yang berada di lereng Gunung Lawu ini memiliki destinasi yang menarik untuk dijadikan tempat rekreasi sekaligus wisata bagi keluarga,pasangan bahkan untuk single traveler.

Magetan memiliki jutaan pesona,disana kalian bisa berkunjung di salah satu telaga yang lumayan terkenal bagi penduduk lokal maupun luar kota yakni Telaga Sarangan,luas dari telaga ini 30 ha dan memiliki kedalaman 28 meter.

Disana kalian benar-benar dimanjakan oleh pemandangan sekaligus local wisdomnya,pemandangan pas banget untuk  orang-orang yang mempunyai kesibukan  tinggi tapi juga tidak menutup kemungkinan untuk para traveler dan masyarakat yang ingin menikmati suasana pedesaan dan udara sejuk.

Ada banyak cara untuk menikmati keindahaan Telaga Sarangan,seperti berkeliling atau menikmatanya di balkon villa yang banyak disediakan disana. Jikalau berkeliling ada banyak opsi yang bisa dipilih jalan kaki,berkeliling dengan kuda atau naik speed boat. Harga yang ditawarkan untuk berkeliling dengan kuda dan naik speed boat sekitar Rp.65.000 rupiah untuk sekali putaran.

Oh ya untuk tiket masuknya juga terjangkau kok Cuma Rp.20.000 kalian  bisa menikmati telaga ini sepuasnya. Kalau kalian mau tinggal untuk rehat sejenak disana, banyak villa dan cottage ataupun hotel yang disediakan tentu dengan harga yang  bervariasi tapi tetap terjangkau dikisaran Rp.50.000 permalam. Jadi,buat para pelancong yang memiliki low budget destinasi ini pas banget loh buat kalian.

Selain dimanjakan dengan keindahan telaga sekaligus kemegahan Gunung Lawu yang menjulang tinggi,kalian juga bisa mencicipi kuliner disana. Ada banyak pilihan yang disediakan tentunya,tapi yang paling terkenal dan banyak diminati oleh wisatawan yakni pecel lempeng. Pecel ini tak beda jauh dnegan pecel Madiun yang notabene sama karena memilki kedekatan geografis tapi yang membedakan yakni lempeng yang ditaruh diatas pecel ini.

Lempeng sendiri makanan khas Magetan yang terbuat dari nasi dan puli ,lempeng sendiri tak beda halnya dengan krupuk biasa tapi yang membedakan karena strukturnya cenderung lebih padat. Makanan ini dihargai Rp.5000 per porsi. Selain itu juga banyak penjual yang menyediakan makanan lain yang juga khas dari Magetan yakni sate kelinci,memang ini sudah menjamur dimana-mana.

Namun kalian harus tahu karena Magetan sendiri merupakan sentra kelinci,sehingga tak jarang kalian bisa menemui penjual sate ini melimpah ruah di Magetan khususnya di sekeliling Telaga Sarangan,untuk harga per porsinya berkisar Rp.12.000 sudah lengkap dengan lontong atau kalian juga bisa menikmati kuliner lain seperti bakso,mie ayam,gado-gado dsb. Dikarenakan topografinya didaerah dataran tinggi otomatis cuacanya dingin jadi kalian bisa juga menikmati secangkir kopi jahe hangat,wedang ronde atau teh yang banyak penjual jajakan.

Setelah puas menikmati kuliner yang ada,kalian juga bisa menikmati destinasi lain yang ada disekitaran telaga. Ada banyak destinasi pendukung untuk melengkapi paket wisata anda seperti air terjun,bermain outbound di hutan pinus ataupun sekedar menikmati embun yang ada diwilayah telaga. Bagi penggila shopping juga tersedia pasar tradisional yang berada dipintu masuk wilayah telaga yang menyediakan banyak souvenir dan buah tangan.  

Selain Telaga Sarangan,Magetan juga punya banyak tempat wisata lain loh yang tak kalah cantik untuk libur tahun baru kalian semua,diantaranya ada Telaga Wahyu yang berdekatakan dengan Telaga Sarangan,kebun strawberry yang berada dibawah Telaga Wahyu,disana kalian bisa memetik strawberry dengan sesuka hati  atau kalian yang gemar selfie dan outbound ada Mojosemi forest park,Taman wisata Genilangit , bedengan atau menikmati keindahahan di kawasan wisata janggan didaerag poncol.

Selain memiliki destinasi yang top banget,Magetan juga dikenal sebagai pusatnya kerajinan kulit loh. Ada banyak kerajinan yang dibuat dengan bahan kulit diantaranya ada sepatu,sandal,tas,ikat pinggang dan beraneka macam aksesoris. Eits,walaupun bahanya dari kulit tapi harganya dijamin dapat miring deh. Kalau kalian ingin memiliki barang-barang tersebut kalian bisa datang dipusat oleh-olehnya Magetan di jalan salak atau salak street.

Nah banyak banget kan destinasi yang bisa dikunjungi. Yuk buruan ke Magetan,rutenya gampang kok kalian bisa lewat madiun atau karanganyar bagi yang tinggal di jawa tengah. Mau ke Magetan gak ribet,pakai aja kereta api dan turun ke Stasiun Barat. Eits,masih bingung gimana caranya dan takut harganya kemahalan. Pakai aja Pegipegi dijamin deh gak nyesel,harganya low price kok untuk kalian yang mau menikmati libur tahun baru maupun libur akhir tahun. Happy travelling untuk kalian semua.