Mohon tunggu...
SITI NURAISAH
SITI NURAISAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Jurnalistik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

hay untuk aku, kamu dan kita yang sedang berjuang kuat-kuat hati untuk hal yang tak seberapa. Bukan menjanjikan hendak jadi apa, karena harapan adanya di garis depan dalam penggapaian, sedangkan sikap terletak seirama dengan perjalanan. Stay bismillah with alhamdulillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Orang Tua dalam Pembentukan Akhlakul Karimah pada Anak Usia Dini

6 Desember 2022   09:50 Diperbarui: 6 Desember 2022   13:22 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat saat ini, banyak orang tua yang tidak mengetahui pentingnya peranan mereka dalam tumbuh kembang anak. Sangat disayangkan karena mereka sebagian besar menyerahkan tanggung jawab pendidikan hanya kepada pendidikan formal. 

Agama Islam merupakan agama yang universal dan mengajarkan kepada manusia berbagai hal, baik urusan dunia maupun akhirat. Hal ini bertujuan demi mencapai kesejahteraan, kedamaian serta kebahagian dunia dan akhirat. Salah satu ajaran Islam adalah kewajiban untuk mencari ilmu atau melaksanakan pendidikan.

Pendidikan utama adalah pendidikan agama yang merupakan bagian penting berkenaan dengan aspek-aspek sikap dan nilai-nilai antara lain, akhlak, keagamaan dan sosial masyarakat. Sebagaimana ungkapan Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia) bahwa tri pusat pendidikan yang mewarnai peserta didik adalah keluarga, sekolah dan masyarakat.  

Islam memandang pendidikan nilai sebagai inti dari pendidikan itu sendiri. Nilai yang dimaksud adalah akhlak, yakni nilai yang berasal dari Al-Qur'an dan Hadist. Menurut Imam Al-Ghazali akhlak adalah keadaan jiwa yang tertanam secara dalam, melahirkan tindakan dengan mudah tanpa membutuhkan pemikiran dan pertimbangan. Akhlak tidak akan tumbuh tanpa diajarkan dan dibiasakan.

Pendidikan merupakan sarana sebagai penanaman akhlak kepada anak. Orang tua memegang peran penting dalam pendidikan di rumah sebab pendidikan yang pertama dilakukan oleh keluarga. Keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan akhlak anak. 

Selain memberikan pendidikan atau mengajarkan akhlak baik kepada anak, keluarga terutama orang tua juga harus mampu menjadi model atau teladan yang baik bagi anak. Hal itu tercermin dari perilaku yang dapat ditiru oleh anak.

Fungsi utama keluarga adalah pembentukan landasan kepribadian anak. Penjabarannya dapat dilihat dari Q.S. Luqman ayat 13- 19 sebagai berikut: 

a. Menanamkan iman dan tauhid. 

b. Menumbuhkan sikap hormat dan bakti pada orang tua. 

c. Menumbuhkan semangat bekerja dengan penuh kejujuran. 

d. Mendorong anak untuk taat beribadah (terutama shalat). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun