Mohon tunggu...
Sri Subekti Astadi
Sri Subekti Astadi Mohon Tunggu... ibu rumah tangga, senang nulis, baca, dan fiksi

ibu rumah tangga.yang suka baca , nulis dan fiksi facebook : Sri Subekti Astadi https://www.facebook.com/srisubektiwarsan google+ https://plus.google.com/u/0/+SriSubektiAstadi246/posts website http://srisubektiastadi.blogspot.co.id/ https://www.instagram.com/srisubektiastadi/

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Istana Terakhir RMP Sosrokartono di 'Sidomukti'

15 November 2015   19:34 Diperbarui: 16 November 2015   04:36 2565 7 5 Mohon Tunggu...

[caption caption="Gerbang Dalam Pesarean Sidomukti"]pintu gerbang dalam Pesarean Sidomukti

 

Mudah sekali menemukan area Makam Keluarga 'Sidomukti' di Kudus, yaitu kira-kira 2 KM ke utara arah Gunung Muria tepatnya di desa Kaliputu Kudus. Desa tempat saya tinggal pada waktu kecil.

plang penunjuk menuju Makam Keluarga 'Sidomukti' foto dokpri.

 

Masih gamblang ingatan saya waktu kecil dulu saya suka bermain-main ataulah belajar di area Pemakaman ' Sidomukti' yang sangat rindang dan tenang ini. Maka tak heran pada saat saya masih sekolah dulu saat menjelang ujian sekolah, area Sidomukti akan ramai anak-anak untuk belajar disana. Karena area seluas 2 hektar yang dulunya sebuah hutan masih banyak tumbuh pohon-pohon yang cukup besar, walaupun begitu kita tidak boleh masuk area pemakamannya tetapi di luar pintu gerbang pemakanan. Namun itu dulu......sekarang tidak sembarang orang bisa masuk area pemakaman ' Sidomukti" ini tanpa ijin dari Juru Kunci. Saya bisa masuk area ini kembali pada waktu ada kirab 'Tebokan Jenang Kudus' pada tanggal 1 Muharam kemarin, yang diadakan di dalam arean pemakan ' Sidomukti' ini.

kirab 'Tebokan' desa Kaliputu Kudus pada tanggal 1 Muharam kemarin. Foto dokpri

Di area Pemakaman seluas 2 hektar itu terdapat sekitar 350 makam dan juga kapling calon-calon makam dari keluarga trah Condronegaran. Menurut penjelasan Juru Kunci Bapak Sunarto perawatan makam ini dibiayai oleh sebuah yayasan yang dimiliki oleh ibu Moeryati Sudibyo bos dari ' Mustika Ratu' yang juga masih dalam trah Condronegaran ini.

Makam Keluarga 'Sidomukti' pertama kali dimiliki dan menjadi makam yang petama dari Kandjeng Kyai Adipati Ario Tjondronegoro III yang merupakan Bupati Kudus ke 3 pada jaman Hindia Belanda.  

Drs. RMP. Sosrokartono di area pemakaman. foto dokpri.

Di area pemakman 'Sidomukti' juga terdapat makam dari RMP. Sosrokartono yang merupakan kakak dari RA Kartini. Adipati Ario Tjondronegoro merupakan kakek buyut dari RMP. Sosrokartono yang ayahnya menjadi Bupati di Jepara. RMP. Sosrokartono dilahirkan pada tanggal 10 April 1877 , pada waktu itu ayahnya menjadi wedono di Mayong Jepara, dan 3 tahun kemudian ayahnya  RM. Adipati Ario Sosroningrat diangkat menjadi Bupati Jepara. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x