Mohon tunggu...
Sri Rohmatiah Djalil
Sri Rohmatiah Djalil Mohon Tunggu... Wiraswasta - Ibu rumah tangga hobi menulis

IG. GaleriRidho_Sri Email : srirohmatiah@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Resep Bakwan Krispy ala Mamah

3 Juli 2021   16:32 Diperbarui: 3 Juli 2021   17:05 516 12 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resep Bakwan Krispy ala Mamah
Bakwan goreng/foto Sri Rohmatiah

Hai, sahabatku,

Masa pandemi, menuntut saya untuk rajin membuat makanan terutama makanan ringan. Sejak saat itu saya mulai belajar membuat berbagai macam camilan, seperti pizza, cake, pastry, kue kering, donut. Anak-anak sangat suka, tetapi, ada makanan yang selalu di hati anak-anak, sepertinya tidak pernah bosan. Apa itu? Bakwan.

Bakwan adalah cemilan terbuat dari terigu dan berbagai sayuran, harganya murah, mudah membuatnya. Nama lain dari bakwan, bala-bala karena makanan ini bala alias segala ada. Kalau di Jawa namanya heci, atasnya ada toping kacang tanah. Aku tidak suka memakai kacang karena sering keluar dari adonan saat digoreng.

Anak-anak bilang kalau Mamah membuat gorengan enak, renyah. Anak-anak memang fans pertama, saya tidak meragukan itu. Hehe .... Kita harus melakukan sesatu yang bisa dikenang oleh anak-anak ketika mereka jauh atau kita telah tiada. Perasaan kangen akan kebersamaan. Seperti saya yang sering rindu masakan Ibu. "Ingin mudik, kangen sayur asem Ibu!"

Ketika dikangeni anak-anak seperti itu, rasanya suatu kebanggaan, walaupun hanya kangen bakwan Mamah. Intinya mereka rindu kebersamaan. Jika kita sibuk, tidak bisa masak bersama setiap hari, bisa satu pekan sekali atau satu bulan sekali. 

Saya ingin berbagi resep bakwan ala Mamah. Namun, saya mengingatkan, untuk gorengan gunakan terigu protein sedang dan blu band. Untuk kebersamaan, libatkan seluruh keluarga. Kakak mengiris sayuran, ayah ngulek bumbu, adik mencuci sayuran, ibu menggoreng.

Bahan bakwan ala Mamah/Foto Sri Rohmatiah
Bahan bakwan ala Mamah/Foto Sri Rohmatiah

Bahan :
1 ons wortel bersihkan, iris tipis
1 ons kubis cuci, iris tipis
1 ons touge cuci, tiriskan
1 ikat bawang daun, cuci, iris tipis
125 gr terigu segitiga biru atau 7 sendok makan
1 sdm blu band
250 ml air
Kg Minyak goreng atau secukupnya untuk menggoreng
Bumbu :
2 siung bawang putih
sdt royco rasa tergantung selera
sdt merica bubuk (selera)
1 sdt ebi sangrai/goreng
sdt garam dapur

Dokumen Sri Rohmatiah
Dokumen Sri Rohmatiah
Adonan bakwan/foto Sri Rohmatiah
Adonan bakwan/foto Sri Rohmatiah
Cara membuat:

Campur semua bahan kecuali minyak goreng. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Aduk hingga kental, jika kurang encer, bisa menambah air sedikit demi sedikit. Jika terlalu encer tambah terigu satu sendok. Jangan lupa untuk rasa, dicicipi dulu adonan di ujung lidah. 

Panasakan minyak goreng, lalu masukkan satu sendok makan adonan bakwan ke dalam wajan yang telah panas. Goreng hingga bakwan kekuningan.

Setelah membaca resep bakwan, teman-teman akan mengatakan, biasa saja. Memang biasa, tetapi, bakwan ini rasanya kriuk. Bakwan inilah yang selalu viral di grup whatsApp keluarga. Bahkan di lingkungan Ibu saya, tetangga sering menanti bakwan, entah di pengajian, kerja bakti, arisan.

"Jangan lupa bakwannya ya, Mak!" seru Ibu-ibu pengajian

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN