Mohon tunggu...
Sri Rahayu
Sri Rahayu Mohon Tunggu... Lainnya - Pensiunan / ibu rumah tangga / freelancer

Menyukai literasi, senang membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Parenting

Menghadapi Anak yang Keras Kepala

2 Juli 2022   11:51 Diperbarui: 2 Juli 2022   12:13 40 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Bagi ibu muda tentu hal yang sangat menyenangkan bisa mengasuh anak secara langsung. Dan bagi ibu muda yang bekerja pun mengasuh anak biarpun tidak setiap saat bisa langsung tapi bisa mengasuh dengan kualitas yang baik juga dengan mengarahkan dan mendelegasikan tugas pada pentasuh anak. 

Dalam mengasuh anak tidak selamanya anak menurut pada kehendak orang tua atau pengasuh anak. Pada usia 3 sampai 4 tahun adalah posisi yang sangat sulit. Pada usia ini anak lebih suka mengedepankan kehendaknya yang menbuat kewalahan. Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk mengarahkan anak? Ibu muda sekalian bisa coba tips berikut :

1. Jangan berkata kasar

Pada saat anak rewel atau tidak menurut, jangan sekali - kali berkata kasar apalagi membentak. Ini memang susah. Tapi harus selalu di coba agar perkembangan anak bagus dan diharapkan apabila sudah besar akan berkata sopan sesuai yang kita contohkan. 

2. Jangan katakan tidak boleh

Hal yang juga harus dihindari adalah jangan mengatakan tidak boleh pada anak. Harus diberikan pengertian pada anak sehingga anak mengerti bahwa hal - hal tertentu tidak boleh dilakukan

3. Sering berdiskusi dan memberikan contoh

Anak kecil akan selalu melihat orang tua sebagai sosok yang dikagumi dan dijadikan contoh. Oleh karenanya orang tua harus memberikan contoh yang baik pada anak. Sering berdiskusi dan bercerita hal - hal positif pada anak. 

Selamat mencoba ibu muda sekalian. Tetap semangat membesarkan buah hati drngan cinta dan kesabaran. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan