Mohon tunggu...
Suko Waspodo
Suko Waspodo Mohon Tunggu... Dosen - lecturer
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Ikan yang Menolak Melompat

2 Mei 2019   08:29 Diperbarui: 2 Mei 2019   08:33 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustr: Ruzan Khalatyan

di sekolah aku diberitahu bahwa aku masih kecil
aku digambarkan sebagai ikan emas yang tinggal di sebuah bejana kecil
seperti ikan kecil yang takut melompat ke yang lebih besar
mereka gagal memperhatikan, ikan tak bisa bernafas saat melompat

di sekolah aku diberitahu bahwa aku malas
aku ditampilkan seolah-olah aku mengambil jalan yang lebih mudah
mereka gagal untuk memperhatikan bahwa aku adalah siswa yang lurus
hanya aku yang tidak bisa bahagia di bejana yang lebih besar

beberapa tahun telah berlalu dan aku tidak malas, juga tidak kecil
ikan telah tumbuh, dan itu memang emas
tetapi itu tidak melompat, berenang dan terbang
mereka gagal memperhatikan, kita tidak terbuat dari cetakan

***
Solo, Kamis, 2 Mei 2019. 8:11 am
'selamat hari pendidikan nasional'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun