Mohon tunggu...
Soni Herdiansyah
Soni Herdiansyah Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa_Pendidikan IPS_Universitas Pendidikan Indonesia

Halo, Kompasianer! Nama saya Soni Herdiansyah, saya berasal dari Purwakarta Jawa Barat :) Saya seorang mahasiswa aktif jurusan Pendidikan IPS S1 Universitas Pendidikan Indonesia. Saya aktif diberbagai organisasi kampus dan masyarakat, suka terhadap dunia pendidikan, sosial, dan literasi. Misalnya, saya telah mendirikan Warga Kota (Keluarga Kompasianer Purwakarta) bersama kawan-kawan Kompasianer lainnya. Menginspirasi bagi saya adalah hakikat sejati untuk membangun negeri, salah satunya melalui tulisan dan aktivitas sosial. Bagi saya Kompasiana adalah platform yang menjadi wadah bagi pemuda untuk menginspirasi Indonesia yang telah saya buktikan dengan aktif menulis sejak tahun 2019 lalu. Terima kasih Kompasiana, semoga terus maju.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pentingnya Kecerdasan Sosial Emosional

22 Januari 2022   16:04 Diperbarui: 22 Januari 2022   16:24 124 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi marah dan emosi. Sumber: Kompas.com

Kemajuan teknologi informasi telah memberikan perubahan yang luar biasa bagi masyarakat. Perubahan-perubahan yang terjadi memang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia. 

Kemajuan teknologi informasi mendorong untuk percepatan  produksi industri, globalisasi, pendidikan, sosial, ekonomi, dan sebagainya. Hasilnya, dunia yang sudah maju ini banyak menuntut kepada manusia dan menyebabkan timbulnya masalah sosial.

Mungkin kita pernah berada pada situasi yang rumit, seperti beban pekerjaan yang berat, banyaknya tugas kuliah dan praktikum mahasiswa, melihat adik atau saudara kita yang malas dan kurang semangat mengerjakan tugas sekolahnya, dan sebagainya.

Semuanya pasti mengalami hal seperti itu, belum lagi kita menghadapi orang lain yang tidak satu pemikiran, kurang menghargai orang lain, tidak sopan, suka menyalahkan, banyak menuntut,  rasanya stres dan ingin sekali untuk marah. Misalnya, melempar sesuatu yang ada di sekitar kita, mengobrak-ngabrik meja, atau bahkan sampai memukul seseorang tanpa sebab.

Bahkan, dikutip dari laman Kompas.com, 23/06/2021, menjelaskan bahwa, jika seseorang tidak dapat mengendalikan marah dan emosinya dengan baik, dapat merusak kesehatan dan merusak kepada hal yang lain. 

Hal itu bisa terjadi karena kita tidak memiliki kecerdasan sosial dan emosi yang baik. Dalam sebuah penelitian Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, Saputra, dkk (2017), telah menjelaskan bahwa, "kemajuan teknologi informasi telah memberikan pengaruh terhadap kecerdasan emosi, kecerdasan sosial, dan kecerdasan spiritual manusia, dan harus bisa dikendalikan."

Khususnya dalam hal ini kecerdasan sosial emosional manusia di lingkungannya. Karena, banyak sekali orang yang tidak memperhatikan hal ini. Misalnya, karena tidak memperdulikan etika sosial, seseorang dalam sebuah rapat tidak menghargai pendapat orang lain, dan menyanggah pendapatnya dengan sikap tidak hormat, sontak hal ini bisa menimbulkan keributan di ruang rapat. 

Bisa juga karena kurang menghargai dan menghormati orang lain di lingkungan sosial, bisa sampai memicu permusuhan antar individu atau kelompok, dan retaknya persaudaraan. Apalagi di Indonesia yang merupakan negara yang multikultural, yang di mana masalah sosial kerap kali muncul seputar SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).

Untuk itu diperlukan kecerdasan sosial emosional bagi individu agar hubungan sosial dapat terjalin dengan baik. Apa itu kecerdasan sosial emosional?

Dikutip dari Jurnal Teknodik, Hadi (2011),  menjelaskan bahwa "Kecerdasan  sosial emosional adalah kemampuan untuk memahami, mengelola, dan mengekspresikan aspek-aspek sosial dan emosional kehidupan seseorang. "

Seseorang yang memiliki kecerdasan sosial dan emosional yang baik akan mampu meraih keberhasilan, melaksanakan tugas sehari-hari seperti belajar dan bekerja, membentuk hubungan/ berinterkasi, mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, dan beradaptasi dengan tuntutan pertumbuhan dan perkembangan zaman yang kompleks.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan