Mohon tunggu...
Siti Nurjanah
Siti Nurjanah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Newbie Writer

Pencinta buku dan perjalanan yang sedang belajar menulis artikel.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Uniknya Cemue, Minuman Khas Ngawi yang Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan

29 Oktober 2022   18:40 Diperbarui: 29 Oktober 2022   23:53 339
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Wedang Cemue (Sumber : Cookpad | Treey Murdoyo0)

Indonesia terkenal dengan beragam wisata kuliner dan budayanya. Hampir setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang wajib dicoba wisatawan. Tidak terkecuali kota Ngawi. Kota yang terletak paling Barat Jawa Timur ini memiliki beragam makanan dan minuman khas yang enak dan wajib di coba. Seperti Nasi pecel Ngawi, Lethok, Tepo tahu, dan masih banyak lainya.

Saat berkunjung ke tempat baru saya selalu penasaran untuk mencoba makanan khasnya. Ketika berada di Ngawi saya mendengar ada minuman yang cukup unik, namanya Wedang Cemue. Karena penasaran saya langsung bergegas menuju meja makan yang sudah di persiapakan. 

Lantas apa ya keunikanya ?. Wedang ini unik dari segi bahan dan rasa. Tampilan sekilas wedang cemue menurut saya mirip dengan sekoteng. Tapi setelah di coba ternyata rasanya berbeda, wedang cemue ini terbuat dari santan yang di padukan dengan manisnya gula tebu, jahe, roti tawar , tambahan kacang dan yang paling unik adalah taburan bawang merah goreng dan aroma daun pandan.

Jika biasa kita gunakan bawang merah goreng untuk taburan makanan, tapi di Ngawi ini untuk taburan minuman. Seperti tidak lazim ya untuk sebuah minuman tapi itu benar adanya.

Untuk rasa wedang cemue ini menurut saya cukup enak. Ada gurih dari santan dan manis dari gula berpadu dengan pedasnya jahe serta tambahan krenyesan kacang. Wedang ini cocok sekali di nikmati malam hari untuk menghangatkan badan apalagi saat musim hujan seperti sekarang. Selain enak wedang ini juga kaya manfaat yaitu untuk menambah daya tahan tubuh.

Menikmati kuliner khas Ngawi (Dokumen Pribadi)
Menikmati kuliner khas Ngawi (Dokumen Pribadi)

Menikmati malam di Ngawi yang saat itu lumayan dingin ditemani wedang cemue dan aneka makanan khas Ngawi lainya sungguh kenikmatan yang luar biasa. Berkumpul dan bercerita bersama teman-teman baru dari berbagai daerah menambah suasana malam menjadi lebih hangat dan seru. 

Oh iya Wedang cemue ternyata bisa di temui tidak hanya di Kota Ngawi saja loh, tetapi ada di beberapa daerah lain di Jawa Timur sebelah barat seperti Magetan. Jadi, jika kebetulan sedang jalan-jalan di daerah tersebut jangan lupa untuk mencicipi minuman unik ini.

Memasuki musim penghujan, paling cocok menikmati minuman yang menghangatkan badan seperti wedang cemue ini. Nah, jika mau coba buat sendiri di rumah bahan-bahan yang di perlukan ngga susah kok.

Bahan :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun