Mohon tunggu...
Slamet Widodo
Slamet Widodo Mohon Tunggu... Guru - Guru

Slamet Widodo memiliki hobi futsal

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Cerita Pengalaman Baik untuk Pendidikan yang Lebih Baik dengan Metode STAR

7 Desember 2022   13:59 Diperbarui: 7 Desember 2022   14:12 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Penyusunan cerita praktik baik ini berangkat dari pengalaman setelah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP IT Assalaam Masaran Sragen Jawa Tengah. Peserta didik yang menjadi subjek dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) baik ini yaitu siswa kelas VIII pada materi menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) baik ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan serta kreativitas peserta didik melalui pembelajaran inovatif project based learning dengan media pembelajaran berupa PPT dan penampilan teks dan video pembacaan puisi.

Masalah yang dihadapi sebelum pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah yaitu Peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Peserta didik kurang terlibat aktif untuk belajar bersama kelompok (kooperatif learning). Peserta didik sulit menentukan diksi dalam menulis puisi. Guru masih menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran berpusat pada guru. guru belum menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan serta guru belum melibatkan TPACK dalam pembelajaran.

Maka dari itu berangkat dari situasi tersebut. Guru melakukan berbagai cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Salah satunya melalui model pembelajaran berbasis masalah dan penemuan konsep suatu materi serta menghasilkan suatu produk yang bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas dan keaktifan peserta didik dalam proses belajar di kelas. Praktik baik ini perlu dibagikan agar pendidik dan peserta didik bergerak bersama untuk melaksanakan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan konsep implementasi kurikulum 2013. Diharapkan dengan melaksanakan model pembelajaran inovatif ini dapat membentuk karakter dan meningkatkan pemahaman peserta didik yang lebih baik lagi.

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai peneliti dalam mengidentifikasi permasalahan yang terjadi selama proses belajar mengajar     di kelas           dan mencari           solusi   dari permasalahan   tersebut.   Setelah   meneliti dan menemukan solusi saya memilih model pembelajaran inovatif yang sesui dengan karakter materi pelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran project based learnig. Saya bertanggung jawab untuk melaksanakan model pembelajaran tersebut di sekolah tempat saya bertugas sehingga peserta didik dapat aktif terlibat dalam pembelajaran. Selain itu, peserta didik diharapkan dengan mudah  menentukan       diksi dalam menulis puisi.

Tantangan yang dihadapi agar tujuan tersebut dapat dicapai yaitu tantangan yang datangnya dari diri sendiri yaitu individu sebagai guru dan tantangan yang datangnya dari luar individu sebagai guru. Tantangan tersebut diantaranya guru perlu belajar lebih giat lagi. Guru harus menyesuikan diri dengan perkembangan  teknologi saat ini. Peserta didik memiliki tingkat pemahaman berbeda-beda. Peserta didik lebih senang materi pembelajaran visual.

Kemudian persiapan  pembuatan     video   yang    harus menggunakan peralatan yang cukup banyak. Persiapan pengondisian kelas, sarana dan  prasarana. Peserta didik dalam kelompok kurang  aktif dalam kegiatan diskusi karena kurangnya kepedulian dan kerjasama kelompok. Masih ada beberapa peserta didik yang kurang percaya diri mempresentasikan hasil pengerjaannya di depan kelas.

Warga Sekolah yang Terlibat dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) baik ini yaitu peserta didik sebagai subjek dalam kegiatan pembelajaran. Rekan Guru yang bernama Fian Septian M.Pd. yang membantu mempersiapkan kelas dan peralatan sebelum melaksanaakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) baik ini. Selain itu, rekan Guru Muh. Irsyad sebagai observer. Kemudian peserta didik yang membantu proses perekaman video yaitu Afnan Faruq Yumn, Zain Fami Indonesia         Raya siswa Madrasah Aliyah Assalaam Masaran, Sragen Jawa Tengah.

Praktik Pengalaman Lapangan baik ini terfokuskan pada kompetensi dasar menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/ lisan dengan memperhatikan unsur- unsur pembangun puisi. Adapun langkah-langkah pembelajaranya yaitu menyusun perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKPD, Media, Asesmen, dan Bahan Ajar dengan menggunkan model pembelajaran project based learning. Menentukan pendekatan saintifik dan model pembelajaran project based learnig. Penentuan jadwal aksi dan konfirmasi kepada rekan-rekan guru.

Melibatkan rekan sejawat untuk membantu dalam segala persiapan sebelum aksi. Mempersiapkan fasilitas dan media yang digunakan yaitu:ruangan laboratorium dan LCD Proyektor, papan tulis, video, sound, LKPD, lembar penilaian,lembar observasi, lembar evaluasi, spidol, dan ruang kelas yang bersih dan rapi. Selain itu mengkondisikan siswa agar siap untuk mengikuti pembelajaran.

Pada saat aksi melaksanakan langkah- langkah pembelajaran. Pendahuluan, dimulai dari salam, menanyakan kabar siswa, mengecek kahadiran siswa, memberikan motivasi, apersepsi,tujuan pembelajaran, dan menyampaikan materi. Kegiatan inti menggunkan model pembelajaran project based learning. Disajikan video peserta didik mengamati video yang telah disediakan oleh guru.

Setelah itu peserta didik bertanya jawab dengan guru mengenai video yang telah disaksikan secara bersama-sama. Peserta didik membentuk kelompok lalu mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik Kelompok dan Lembar Kerja Peserta Didik Individu. Guru  membantu penyelidikan peserta didik dengan bertanya satu persatu pada kelompok-kelompok yang ada. Setelah mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik Kelompok dan Lembar Kerja Peserta Didik Individu, peserta didik menentukan diksi untuk dijadikan    sebuah             puisi dan mempresentasikannya di depan kelas  perwakilan satu peserta didik dari masing- masing kelompok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun