Mohon tunggu...
Siti Nurhalisah
Siti Nurhalisah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Unissula Pendidikan Matematika

Semoga bisa berbagi ilmu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Penerapan Pembelajaran Matematika Kontemporer di Era Milenial

2 Januari 2023   08:45 Diperbarui: 2 Januari 2023   08:50 536
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Oleh : Siti Nurhalisah (Mahasiswa Matematika Universitas Islam Sultan Agung) dan di bimbing langsung oleh dosen saya Ibu Nila Ubaidah, S.Pd., M.Pd (Dosen Matematika Universitas Islam Sultan Agung)

Hasil belajar dari siswa pastinya di pengaruhi oleh proses belajar mereka. Entah itu di sekolah ataupun di rumah. Tetapi seorang siswa hampir 90% proses belajar mereka ada di sekolah. Oleh sebab itu proses belajar di dalam kelas itu salah satu kunci keberhasilan hasil belajar mereka. Mereka akan merasa malas, bosan jika proses belajar mereka tidak nyaman dan terganggu, tetapi mereka akan merasa senang belajar jika proses belajar mereka dilakukan dengan nyaman dan menyenangkan.

Sebelum mengenal lebih lanjut mengenai proses belajar di dalam kelas, saya akan membahas sedikit mengenai generasi milenial. Kalian pastinya sudah sering mendengar ataupun membaca mengenai generasi milenial ataupun gen Z. Generasi milenial ataupun gen Z adalah suatu generasi yang lahir di rentang waktu tertentu. Milenial yang dimaksud ini adalah remaja dalam lingkup sekolah menengah pertama sampai ke perguruan tinggi.

Sedangkan pembelajaran matematika kontemporer adalah Pembelajaran mengenai isu-isu kontemporer di bidang matematika, baik ilmu matematika murni maupun matematika terapan.  Sebelum membahas mengenai upaya apa saja yang diterapkan dalam pembelajaran kontemporer, saya akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu matematika.

Matematika merupakan ilmu yang digunakan dalam menyelesaikan suatu permasalahan di kehidupan sehari-hari, selain itu juga berfungsi sebagai alat untuk memecahkan masalah dalam mata pelajaran lain dan dalam kehidupan kerja. Matematika dianggap sebagai ibu dari mata pelajaran lain, karena matematika berkaitan dengan semua mata pelajaran lain. Oleh karena itu matematika dipelajari dalam setiap jenjang pendidikan, dari sekolah dasar sampai sekolah menegah.

Peran atau fungsi matematika pada saat ini sangat lah penting salah satunya digunakan untuk sains, IT, astronomi, teknik, arsitektur, ekonomi, cuaca, penentuan arah kiblat, penentuan jadwal sholat dan masih banyak lagi. Dalam hal ini ilmu matematika sangat berkolaborasi dengan ilmu-ilmu yang lain.

Proses pembelajaran matematika menuntut siswa untuk berpikir kritis, logis dan kreatif. Tetapi nyatanya di Indonesia kemampuan siswa untuk berpikir kritis, logis, dan kreatif masih tergolong minim, apalagi di era milenial ini. Nah, untuk meningkatkan cara berpikir siswa yang kritis, logis dan kreatif pastinya ada upaya-upaya yang dilakukan salah satunya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di dalam kelas. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan pembelajaran matematika modern atau matematika kontemporer.

Maksud dari matematika kontemporer atau modern adalah pembelajaran matematika yang sudah terpengaruhi oleh modernisasi. Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, matematika yang dimaksud ilmu matematika murni maupun matematika terapan. Di zaman yang serba teknologi, banyak masyarakat yang mulai mengaplikasikan ilmu-ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari menggunakan teknologi yang inovatif. Karena itu lebih praktis dan mudah. Masyarakat juga sudah banyak yang menggunakan komputer, laptop dan internet, bahkan mungkin hampir di seluruh dunia.

Di era modern saat ini, perkembangan teknologi berkembang sangat pesat. Banyak perkembangan teknologi saat ini yang tidak bisa dihindari oleh sebagian orang, khususnya remaja. Kehidupan anak remaja zaman dahulu sangat berbeda jauh dengan anak remaja zaman sekarang. Saat ini teknologi digital sudah masuk dalam seluruh aspek kehidupan.

Perkembangan teknologi itu salah satunya adalah Internet. Apalagi sekarang internet sudah menjadi suatu kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang yang beranggapan mereka tidak bisa hidup tanpa internet. Perkembangan teknologi itu lah yang membuat  ide ataupun inovasi-inovasi yang baru muncul. Dan inovasi itu yang akhirnya membuat perubahan-perubahan yang signifikan misalnya dalam bidang pendidikan dan ekonomi, dan dalam bidang yang lainnya.

Dalam bidang pendidikan teknologi sudah banyak menghasilkan inovasi - inovasi baru yang  berguna untuk proses pembelajaran. Inovasi - inovasi itu  salah satunya adalah semakin banyaknya variasi -- variasi media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Sering kita jumpai pada saat ini pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan, misalnya guru yang mengkombinasikan alat teknologi dalam proses pembelajaran. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu menyesuaikan perkembangan teknologi guna meningkatnya mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaannya bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Dengan adanya perkembangan teknologi ini dapat membawa dampak ataupun perubahan yang baik dalam dunia pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun