Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru - Dinas di UPT SD Negeri Kuningan Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Bothok Jamur Tempe Semangit

14 November 2020   20:44 Diperbarui: 14 November 2020   21:35 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Malam K'ners, semoga tetap dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa ya. Aamiin.Malam ini saya ingat, ada resep yang belum saya bagikan. Mumpung malam minggu, tentunya lumayan banyak waktu untuk menulis.

Tak bisa move on dari masakan jadul

Mau nulis apa? Paling-paling resep yang begitu-begitu saja. Eh anda mau tahu? Saya itu memang gemar makan masakan jadul loh. Semua resep jadul saya suka, terutama tentunya masakan dari daerah jawa timuran, di mana saya tinggal.

Lidah saya nggak bisa move on dari masakan jadul, beneran deh. Makanya kebanyakan artikel kuliner saya tentang masakan jadul alias ndeso.

Oke, saya lanjutkan ya nulisnya. Resep yang saya bagikan adalah Bothok Jamur Tempe Semangit. Sudah pernah makan? Kalau belum, yuk simak baik-baik resep yang akan saya bagikan ini.

Resep Bothok Jamur Tempe Semangit

Dok.pri
Dok.pri

Bahan-bahan:
250 jamur tiram
1 potong tempe semangit
1/2 butir kelapa muda
2 tomat hijau
4 buah cabe merah
10 buah cabe rawit
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
Sejumput udang rebon
Gula merah secukupnya
Garam secukupnya
Daun pisang
Lidi

Cara membuat:

1. Bersihkan jamur, suwir kecil-kecil, sisihkan
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, udang rebon dan garam kasar
3. Tambahkan gula merah, haluskan.
4. Tambahkan tempe, haluskan
5. Tambahkan irisan tomat hijau, campur.
6. Tambahkan parutan kelapa dan jamur, aduk sampai tercampur semua bahan dan bumbu.
7. Ambil daun pisang, beri adonan Bothok 2-3 sdm, sematkan lidi
8.Bungkus sampai adonan bothok habis.
9. Kukus selama 15-20 menit
10. Bothok Jamur Tempe Semangit siap dihidangkan


Dok.pri
Dok.pri
Dok.pri
Dok.pri
Dok.pri
Dok.pri
Dok.pri
Dok.pri
Makan sama Bothok Jamur yuk (dok.pri
Makan sama Bothok Jamur yuk (dok.pri
Hmmm....

Gurih dan lezatnya luar biasa. Gurihnya dobel nih, gurih dari parutan kelapa dan jamur. Bumbunya menyatu dengan semua bahan, menjelma menjadi sebuah masakan yang sering dirindukan kehadirannya. Anda mau?

Demikian tadi resep Bothok Jamur Tempe Semangit telah saya bagikan, semoga bermanfaat.

Salam kuliner

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun