Mohon tunggu...
Siti Hafsah
Siti Hafsah Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - mahasiswa

hobi menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Self Love pada Remaja dan Media Sosial

21 September 2022   03:47 Diperbarui: 21 September 2022   04:03 53 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Nama: Siti Hafsah

NIM: 202210230311152

Pernahkah kalian merasa insecure?. Sebagian orang pasti ada yang pernah merasakan insecure, Lantas apa itu insecure? Insecure atau insecurity menurut Asta (2019) artinya adalah tindakan dari adanya emosi apabila kita menilai diri kita menjadi seorang inferior dari orang lain. Dan menurut saya sendiri insecure dapat diartikan seseorang yang tidak percaya diri dengan dirinya sendiri, yang akhirnya seseorang itu membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Lalu bagaimana supaya kita tidak merasakan insecure? Salah satu caranya yaitu dengan Self-Love. Self-Love sendiri adalah mengenali diri sendiri dan mencintai diri sendiri yang bertujuan untuk kebahagiaan pada diri sendiri .

Self Love ini sangat penting kita terapkan khususnya bagi para remaja. Kenapa demikian? Karena kebanyakan yang merasa insecure adalah anak anak remaja. Nah, bagaimana para remaja ini mengatasi masalah tersebut? Dan jawabannya ada pada Remaja yang menyukai dunia korea (KPOP) dan media social.

Terdapat dua jurnal yang saya ambil, Jurnal A berisi tentang Self Love Remaja yang menyukai dunia KPOP dan jurnal B berisi tentang orang orang yang self love melalui media social. Kedua jurnal tersebut memiliki persamaan yaitu mereka melakukan self love sama sama melalui di media social. Seperti para penggemar menyukai idol korea karena cara idol tersebut mencintai dirinya sendiri, lalu banyak pujian dari penggemarnya hingga mereka bisa percaya diri. Dan itu semua tidak terlepas dari media social. Karena para fans belajar itu semua dari beberapa cuplikan sang idol tentang self love mereka.

Self Love yang di lakukan oleh para remaja yaitu:

  • Postingan, like, dan komentar dari netizen

Self love dari ketiga itu memang banyak yang membantu orang orang untuk mencintai diri sendiri. Dengan mereka melhat postingan mereka yang bagus, mendapatkan like yang banyak, dan komentar yang berisi pujian menambah emosi bahagia dan rasa percaya diri akan semakin meningkat.

  • Menyadari kelebihan mereka

Seseorang yang mengetahui apa kelebihannya, minat, serta bakat apa yang dia punya menambah rasa kepercayaan dia di beberapa bidang yang dia kuasai. Selain meningkatkan kepercayaan diri dengan menyadari adanya kelebihan rasa bersyukur pun dari dalam diri kita muncul.

  • Memiliki seseorang yang bisa dijadikan contoh

Setiap manusia pasti pernah merasakan yang Namanya belajar dari orang lain. Sebagai contoh mereka yang penggemar kpop banyak sekali pelajaran yang kita ambil dari mereka. Salah satunya mereka sangat mencintai pekerjaan mereka karena memang kelebihannya disana. Selain itu mereka mendapat dukungan para fans sehingga mereka bisa percaya dengan dirinya sendiri.

  • Memahami arti dari lagu yang berkaitan dengan self love

Buat para pencinta music bisa dicoba memutar lagu yang berisikan self love. Dengan mereka memahami artinya jadi sadar ternyata begini caranya self love.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan