Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, penyuka buku dan lagi senang Nulis

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi: ๐Ÿ’—Kutemukan CintaMU ๐Ÿ’— Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita ๐Ÿ’—150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi ๐Ÿ’— Ruang Bernama Kenangan ๐Ÿ’— Biduk Asa Kayuh Cita ๐Ÿ’— 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. ๐Ÿ’—Syair Syiar Akademia. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati / @siska_mentorpaytren

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Lakukan 4 Hal ini Dalam Menemani Anak Merancang Masa Depan

13 Mei 2022   18:34 Diperbarui: 14 Mei 2022   13:06 343 39 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi merancang masa depan anak.| Shutterstock via Kompas.com

Tiga bulan terakhir ini, anak-anak kita yang bersekolah menggunakan Kurikulum Nasional, telah dan tengah menyelesaikan ujian sekolah.

Sepengetahuan saya, untuk kelas akhir SMU sudah berlangsung sejak Maret-April lalu, demikian juga dengan tingkat SLTP yang baru saja selesai melaksanakan ujian sekolah di pertengahan April. Kini anak-anak tingkat akhir SD sedang menjalani masa ujian tersebut.

Adik-adik kelas akan bergantian mengikuti penilaian akhir semester genap sejak akhir Mei hingga Juni nanti, sebagai syarat kenaikan kelas untuk tahun ajaran baru.

Kita sebagai orangtua kadang merasa kaget, tak terasa anak-anak semakin besar dan bertumbuh remaja dan dewasa. Ada yang bersiap mendaftar ke sekolah lanjutan tingkat pertama, tingkat atas dan perguruan tinggi.

Demikian juga dengan anak saya, yang telah mendaftar sekolah lanjutan tingkat atas melalui jalur reguler pada Februari 2022 lalu. Setelah melalui tahap seleksi dan tes, akhirnya telah dinyatakan lulus dan diterima.ย 

Bisa jadi Anda dan anak masih harus berjuang untuk mengikuti proses pendaftaran sekolah secara umum yang akan diselenggarakan pada akhir Mei hingga awal Juli 2022 nanti.

***

Sebagai orangtua, peran kita tentu harus bersinergi dengan para guru di sekolah, agar pendidikan yang kita terapkan pada anak terus berkesinambungan dan memberikan panduan dalam proses belajar mengajar.

Tak hanya tentang pendidikan akademis, pendidikan akhlak, budi pekerti dan tanggung jawab lainnya, perlu ditanamkan sedari dini kepada anak-anak agar menjadi generasi berperilaku mulia.

Pada kesempatan jelang ramadhan, dua pekan sebelum ujian sekolah dilaksanakan, saya dan suami memenuhi undangan sekolah guna mengikuti kajian parenting khusus untuk siswa kelas 9.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan