Mohon tunggu...
Siska Amelia
Siska Amelia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Siska Amelia (Mahasiswa Prodi Manajemen S1, Universitas Pamulang)

Let's do it

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Berbisnis di Masa Pandemi Covid-19?

18 Mei 2021   17:35 Diperbarui: 18 Mei 2021   17:56 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemi Covid-19 yang terjadi pada hampir seluruh dunia ini memberikan dampak yang sangat besar. Khususnya pada diri kita sendiri contohnya, kita telah membuat perencanaan dalam berbisnis dalam jangka waktu tertentu tetapi karena adanya pandemi covid-19 ini sangat menghambat kita dalam melakukan aktifitas dalam upaya memenuhi perencanaan tersebut. Oleh karena itu, mau tidak mau kita harus merubah rencana bisnis yang akan kita lakukan.

Pada masa pandemi ini bisnis yang paling dilirik oleh konsumen adalah bisnis online atau e-commerce. Apa e-commerce itu? E-commerce adalah suatu proses berbisnis (jual beli) secara elektronik melalui media internet. Kenapa e-commerce pada masa pandemi ini sangat dilirik oleh masyarakat? karena pada pandemi ini masyarakat diharuskan stay at home untuk mencegah dan memutus penyebaran virus covid-19 dan harga di e-commerce juga relative lebih murah dibandingkan membeli langsung ditokonya. Oleh karena itu, masyarakat lebih memilih belanja dari rumah dengan hanya menggunakan gadget melalui e- commerce.

Seorang pembisnis harus mengetahui kesempatan yang dapat menciptakan peluang bisnis yang besar. Hal ini dapat kita lihat dari fenomena diatas, maka dapat kita simpulkan pada masa pandemi covid-19 ini e-commerce merupakan salah satu peluang bisnis terbesar, jadi kita yang ingin berbisnis tidak ada salahnya untuk mencoba peluang ini.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan bisnis online atau e-commerce :

  • Lakukan riset mengenai produk apa yang sedang dibutuhkan konsumen
  • Mengimbangi harga pasaran
  • Membuat tampilan menarik pada produk
  • Membuat konsep foto produk yang menarik
  • Gunakan sosial media dan online shop
  • Pasarkan produk secara konsisten.

Penulis :

Siska Amelia (Mahasiswa Prodi Manajeman S1, Universitas Pamulang)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun