Bukan permainan biasa, Teka-Teki Silang (TTS) atau disebut juga Crossword Puzzle, merupakan suatu permainan kata yang biasanya berbentuk menggunakan serangkaian ruang-ruang kosong berbentuk kotak berwarna hitam dan putih. Teka-teki silang berisi kolom menurun dan mendatar. Teka -Teki Silang ini bisa digunakan sebagai media pembelajaran. Penggunaan media teka-teki silang ini dapat meningkatkan partisipasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Peserta didik diajak untuk berperan aktif, turut serta dalam semua proses pembelajaran.
Tidak hanya melibatkan mental akan tetapi permainan ini juga melibatkan fisik. Maka suasana pembelajaran akan lebih menyenangkan sehingga hasil belajar diharapkan dapat dimaksimalkan. selain itu permainan teka-teki silang dapat meningkatkan kemampuan otak.  Secara umum. mengisi TTS mengharuskan  peserta didik untuk terus berpikir serta menganalisis sehingga dapat membantu mempertajam ingatan.
Peserta didik diminta menjawab pertanyaan atau kata/frase dengan mengisi kolom-kolom  kosong yang telah didesain sebelumnya. Jawaban peserta didik harus disesuaikan dengan jumlah kolom yang dikaitkan dengan kolom lain. Mengisi TTS perlu kejelian dan ketepatan untuk menyesuaikan dengan jumlah kolom yang disediakan. Penerapannya sangat fleksibel, dapat dilakukan secara berkelompok maupun secara  individu. Uniknya, ketepatan menjawab soal dalam setiap pertanyaan akan memengaruhi kebenaran jawaban pertanyaan yang lainnya. Â
Tarigan (1993:255) merinci permainan kata yang dapat digunakan dalam pembelajaran di antaranya anagram, polindron, awal akhir, teka teki, dan teka teki silang. Di antara permainan kata yang dikemukakan Tarigan tersebut, teka teki silang ini dianggap cocok karena sudah dikenal dan diketahui peserta didik. Hal ini membuat teka teki silang lebih mudah diaplikasikan di kelas. Teka-teki silang ini juga berkaitan erat dengan permainan untuk mengasah otak. TTS bersifat rekreatif, berupa permainan kata-kata yang bisa menghibur. Karena sifatnya permainan yang bisa menghibur, tentu siapapun bisa menggunakan TTS ini, tidak hanya guru. Tentu saja TTS ini dapat digunakan oleh siapapun di semua jenjang mulai dari SD sampai SLTA bahkan di Perguruan tinggi
TTS cocok untuk meningkatkan pengetahuan dan menambah perbendaharaan kosaakata dan istilah peserta didik, cocok digunakan untuk latihan mengerjakan soal-soal materi pelajaran. TTS juga cocok dijadikan senjata untuk memancing daya pikir peserta didik  untuk menemukan kosa kata baru. Selain itu TTS ini bisa digunakan untuk meninjau ulang (mereview) terhadap materi yang pernah disampaikan sebelumnya. Nah, bagaimana membuatnya?
Cara pembuatan TTS tergolong mudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya karena Bapak/Ibu sudah mempunyai laptop. Langsung saja, berikut cara pembuatannya,
Tetapi sebelum mulai membuat TTS, Bapak Ibu sebaiknya menentukan/memilih materi pembelajaran yang cocok untuk menggunakan TTS. Kemudian Bapak/Ibu segera  menyiapkan soal dan jawaban terlebih dahulu.
Selanjutnya Bapak dan Ibu buka aplikasi  EclipseCrossword ( jika belum punya , silakan download softwer EclipseCrossword di google. kalau saya pilih yang gratis saja). Silakan diinstal di komputer Bapak / Ibu guru dengan melakukan double klik (di klik dua kali). Waktu download tidak lama hanya beberapa detik ( tetapi ya.. tergantung kecepatan masing-masing). Jika program EclipseCrossword telah terinstal di komputer/laptop Bapak/Ibu maka softwer EclipseCrossword siap digunakan.
Berikut langkah-langkah membuat TTS :
Buka aplikasi pada menu Start --> All Programs --> EclipseCrossword di pojok kiri bawah layar windows .