Mohon tunggu...
Silvi WiraPratiwi
Silvi WiraPratiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Universitas Nasional - Ilmu Komunikasi

Persiapkan Hari Esok Yang Lebih Baik Dengan Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Hi-Tech

Set Top Box: Harapan Indonesia Menuju Penyiaran TV Digital

31 Juli 2022   15:39 Diperbarui: 31 Juli 2022   15:56 78 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Indonesia Hi-Tech. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

NAMA: SILVI WIRA PRATIWI 

NPM: 203516516303

ILMU KOMUNIKASI 

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK 

UNIVERSITAS NASIONAL 

LATAR BELAKANG

Televisi atau TV merupaan sumber informasi dan jendela dunia atas berbagai ilmu pengetahuan, sehingga kualitas gambar dan audio pada televisi menjadi sangat penting. Menonton televisi bagi keluarga di Jakarta sudah menjadi salah satu praktek budaya. TV menjadi media berkumpul dan perekat keluarga dengan hiburan yang disajikan. Perubahan adalah hal yang tidak bisa kita hindari, begitu pula perubahan dari TV analog menjadi TV digital. Selain bermanfaat dari segi kualitas gambar dan suara, migrasinya TV digital juga memberikan manfaat bagi rantai ekonomi lintas industri dari aspek pertumbuhan ekosistem penyiaran yang lebih baik.

Tanggal 2 November 2022 merupakan batas akhir migrasi siaran televisi analog menjadi digital. Namun, untuk Jakarta sendiri sudah memasuki tahap 2 dengan batas migrasi pada tanggal 25 Agusutus 2022. Pemprov DKI Jakarta mendukung pelaksanaan program nasional ASO agar dapat sesuai target. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga mensosialisasikan kepada masyarakat Jakarta terkait manfaat migrasi siaran TV analog menjadi TV digital, hal itu bertujuan agar terciptanya pemahaman positif terkait program ASO (Analog Switch Off). ASO sendiri merupakan penghentian siaran televisi analog.

Tuntutan zaman dan tuntutan teknologi adalah alasan dari ASO tersebut dijalankan. Jika dulu kita ingin mengganti televisi yang berwarna, kita perlu mengganti barangnya (televisi). Namun berbeda dengan saat ini, jika kita ingin beralih menggunakan TV digital, kita hanya perlu menambahkan alat kecil Bernama set top box

Set top box ini dapat ditemukan dari market place hingga toko komponen elektronik dengan kisaran harga Rp150.000 hingga Rp300.000. Masyarakat diharapkan dapat berhati-hati dalam memilih set top box. Set top box yang disarankan adalah set top box dengan sertifikasi atau rekomendasi dari Kominfo.

Berdasarkan amanat dari peraturan perundang-undangan, bahwa lembaga penyiaran atau pengelola penyelenggara yang terdiri dari 11 televisi besar akan memberikan bantuan set top box secara gratis. Yang akan mendapatkan set top box gratis tentu masyarakat yang telah terdata di Kementerian Sosial. Jadi masyarakat rumah tangga kurang mampu nantinya tidka perlu antre mencari set top box, karena akan dikirim langung kerumah masing-masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Lihat Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan