Mohon tunggu...
Silvia Nur Laili
Silvia Nur Laili Mohon Tunggu... Lainnya - Silvia Nur Laili-Mojokerto

Hello guys, welcome to my kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Identitas Nasional Bangsa Indonesia

28 Oktober 2021   03:35 Diperbarui: 28 Oktober 2021   04:02 77 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia di mata negara lain dikenal dengan seribu keunikan yang dimiliki, banyak ciri khas dari bangsa Indonesia yang berbeda dengan negara lainnya. Pengertian dari identitas nasional adalah jati diri atau ciri khas yang dimiliki oleh suatu negara, identitas tersebut yang membedakan negara tersebut dengan negara lain. Indonesia memiliki identitas nasional yang bersumber dari berbagai nilai sosial dan budaya dari setiap daerah yang ada di Indonesia. Identitas nasional dibuat dan disepakati oleh warga negara sebagai identitas nasional dalam tingkat nasional maupun internasional. Identitas nasional merupakan cerminan dari nilai-nilai yang melekat pada diri masyarakat dalam suatu bangsa, hal ini merupakan suatu hal yang terus menerus berkembang dan bersifat terbuka. 

Identitas nasional juga penting dimiliki oleh suatu negara, identitas nasional tidak hanya membedakan suatu negara dengan negara lain, tetapi identitas nasional dapat menciptakan kerukunan dan rasa persatuan bangsa. Sayangnya, banyak dari generasi muda negara Indonesia tidak memahami makna dan wujud dari identitas nasional bangsa Indonesia. Padahal dengan adanya identitas nasional dapat menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka dan berdaulat. Meskipun saat ini terjadi zaman globalisasi, jangan sampai kita tergerus oleh arus globalisasi dan melupakan jati diri serta identitas nasional bangsa Indonesia. Mari kita tumbuhkan rasa nasionalisme dan menjunjung tinggi identitas nasional bangsa Indonesia.

Adapun alasan mengapa identitas nasional bangsa Indonesia itu penting bagi NKRI, yakni sebagai berikut:

1. Identitas nasional sebagai pembeda dari negara lain

Indonesia memiliki berbagai keunikan dan keanekaragaman dari berbagai suku atau adat yang ada di Indonesia, hal inilah yang patut dibanggakan oleh bangsa Indonesia sehingga dapat terbentuk identitas nasional bangsa Indonesia.

2. Identitas nasional sebagai alat pemersatu bangsa

Indonesia memiliki berbagai keunikan dan keanekaragaman, sehingga diperlukan identitas nasional untuk menjembatani perbedaan yang ada di Indonesia sehingga bangsa dapat bersatu.

3. Identitas nasional sebagai landasan negara

Identitas nasional suatu bangsa dapat dijadikan sebagai landasan sebuah negara, hal ini dikarenakan setiap negara pasti mempunyai keinginan agar cita cita dan tujuan negara dapat tercapai. Indonesia memiliki pancasila yang digunakan sebagai landasan negara, ke lima sila terssebut dapat digunakan dalam pedoman kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.

4. Melindungi jati diri bangsa dan negara Indonesia seiring adanya tantangan globalisasi.

Kita harus mengakui identitas nasional Indonesia, selain itu kita juga harus menerapkannya agar tidak tergerus arus globalisasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan