Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Nomine The Best In Spesific Interest Kompasiana Award 2022#

#Nomine The Best In Spesific Interest Kompasiana Award 2022#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Akankah Bharada Eliezer Juga Dijerat Pasal 340 KUHP?

5 Agustus 2022   23:32 Diperbarui: 5 Agustus 2022   23:46 532
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar Bharada Eliezer, tersangka kasus tinda pidana kematian Brigadir Joshua | Dokumen Gambar Via TVOnenews.com

Ya. Jerat KUHP Pasal 338 Jumto Pasal 55 dan Pasal 56 telah disangkakan kepada Bharada Eliezer, atas tindak pidana kematian Brigadir Joshua oleh Bharada Eliezer.

Ancaman hukuman 15 tahun penjara telah menantinya dan bahkan ke depannya, bisa jadi Bharada Eliezer akan dipecat dari institusi Polri, atau dengan kata lain dikenakan Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PDTH) dari Dinas Kepolisian.

Yang pasti, proses pendalaman dalam rangka langkah selanjutnya terkait kasus tindak pidana kematian Brigadir Joshua masih belum usai, sebab masih ada pemeriksaan atau bahkan ke depan proses penyidikkan sekira 25 personel Polri dan termasuk juga pihak sipil lainnya untuk menuntaskan kasus.

Ya. Memang soal kasus tindak pidana kematian Brigadir Joshua ini ada dua kemungkinan soal penetapan tersangka, kemungkinan pertama adalah Bharada Eliezer adalah pelaku/tersangka tunggal dan kemungkinan kedua adalah, ada pelaku/tersangka-tersangka lainnya yang terlibat termasuk yang ada keterkaitannya atas kasus tindak pidana kematian Brigadir Joshua.

Lantas, terkait dugaan yang dituduhkan kepada Bharada Eliezer terkait pembunuhan berencana, akankah ke depan dirinya pada akhirnya dijerat juga atas pasal berlapis dengan disangkakan pada KUHP Pasal 340?

Pada Pasal 340 KUHP berbunyi: “Barang siapa sengaja dan dengan rencana lebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan rencana, dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun”.

Artinya juga di sini bila berdasar pasal dibatas, sebenarnya ada kemungkinan bahwa Bharada Eliezer bisa kena jerat pasal berlapis atau gabungan dari tindak pidana lainnya selain yang disangkakan sebelumnya, termasuk juga jeratan pidana concursus ketika satu tindak pidana dilakukan oleh beberapa orang yang tidak dilakukan hanya dirinya.

Atau ada perkomplotan dirinya dengan orang lain, termasuk persekongkolan dan konspirasi dengan orang lain, dalam menghabisi nyawa Brigadir Joshua maka bisa saja Bharada Eliezer akan terjerat juga KUHP pasal 340.

Yang jelas di sini syaratnya adalah, bila seluruh alat bukti kasus menunjang ada keterlibatan tindak pidana yang dilakukan dirinya, bila hasil pembuktian otopsi ulang dari ekshumasi jenazah almarhun Brigadir Joshua menunjang ada keterlibatan tindak pidana dirinya.

Termasuk unsur subyektifnya, yaitu : dengan sengaja, dengan rencana lebih dahulu, telah menunjang atau memenuhi syarat tindak pidana dirinya dan unsur obyektifnya, yaitu : Perbuatan (menghilangkan nyawa), Obyeknya (nyawa orang lain) menunjang tindak pidana dirinya atau telah memenuhi syarat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun