Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Dulu sempat membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Dear Fresh Graduate, Jangan Sepelekan "Cover Letter" dalam Melamar Kerja

15 Februari 2021   11:32 Diperbarui: 16 Februari 2021   15:47 2206 72 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dear Fresh Graduate, Jangan Sepelekan "Cover Letter" dalam Melamar Kerja
ilustrasi cv | via pexels.com

Dalam melamar pekerjaan, tentunya ada beberapa dokumen yang harus disertakan seperti, curriculum vitae, resume, cover letter, fotokopi ijazah terakhir, dan berbagai sertifikat pendukung lainnya.

Nah umumnya dalam hal melamar kerja ini, kebanyakan dari fresh graduate sering sekali menganggap bahwa, CV, resume dan cover letter itu kurang lebihnya adalah sama saja.

Bahkan, sering sekali cover letter yang justru disepelekan, sehingga justru yang paling diprioritaskan adalah CV dan resume, padahal cover letter adalah yang terpenting di antara CV dan resume.

Terkait ini juga, jadi sering sekali timbul pertanyaan dari para fresh graduate, sebenarnya apa sih bedanya antara CV, cover letter dan resume itu, bukankah kurang lebihnya sama saja?

Ya, sepintas sih memang hampir sama saja, tapi jelas berbeda banget, karena di antara cover letter, CV, dan resume itu berbeda fungsi dalam hal menyampaikan maksud dan tujuan.

Kalau CV itu, berisi biodata lengkap dan detail mengenai apapun data pribadi pelamar kerja yang bermaksud untuk menyampaikan identitas diri dan riwayat pendidikan.

Resume merupakan rangkuman yang disampaikan dalam CV dan cover letter yang bermaksud menyampaikan uraian singkat tentang diri seperti, uraian singkat tentang latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, magang, prestasi dan sejenisnya.

Sedangkan cover letter merupakan surat pengantar lembar CV dan resume yang berisi tentang tujuan dari pelamar kerja kenapa ingin melamar kerja di suatu kantor, yang umumnya berisi tentang respon, motif, sebab, alasan dan jawaban pelamar kerja.

Jadi jelas di sini bagaimana perbedaan fungsinya, kalau CV dan resume adalah baru berfungsi menyampaikan latar belakang niat ataupun maksud kenapa ingin melamar kerja, sedangkan cover letter adalah berfungsi menyampaikan latar belakang tujuan kenapa pelamar kerja ingin melamar kerja.

Nah, melalui cover letter inilah nantinya, HRD suatu kantor akan mengetahui bagaimana etika komunikasi tertulis pelamar kerja dan mengetahui apa yang menjadi latar belakang pelamar kerja, kenapa ingin berkontribusi di suatu kantor.

Dari beberapa dokumen tersebut, umumnya cover letter adalah yang nantinya di letakkan di bagian depan dan merupakan dokumen yang paling pertama kali dilihat dan dinilai oleh bagian HRD suatu kantor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN