Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Email: vicksigit@gmail.com#Dulu sempat membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Menteri KKP yang Baru, Mungkin Boleh Fadli Zon ataupun Susi Pujiastuti, tapi Sebaiknya...

26 November 2020   22:18 Diperbarui: 26 November 2020   22:43 664 21 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menteri KKP yang Baru, Mungkin Boleh Fadli Zon ataupun Susi Pujiastuti, tapi Sebaiknya...
Ilustrasi kolase gambar Ibu Susi Pujiastuti dan politisi Fadli Zon | Dokumen gambar Via Tribunnews.com

Terkait siapa yang bakal diamanahkan kedepannya oleh Presiden  RI Joko Widodo (Jokowi) jadi penjabat Menteri Kelautan dan perikanan (Menteri KKP) yang menggantikan Edhy Prabowo karena kena OTT KPK memang masih jadi tanda tanya.

Sementara itu terkait dengan perkembangan terkini, Presiden Jokowi memang sudah menunjuk Menko Marves RI, Luhut Binsar Panjaitan sebagai Ad Interim Menteri KKP.

Namun demikian, ternyata diranah khalayak publik, tetap juga banyak beredar berbagai opini dan spekulasi yang memprediksikan kedepannya Fadli Zon yang berpeluang besar menduduki kursi jabatan Menteri KKP tersebut.

Demikian halnya juga opini dan spekulasi lainnya, terkait keinginan khalayak publik, yang menginginkan agar Ibu Susi Pujiastuti yang sebelumnya pernah menjabat Menteri KKP kembali mengemban amanah yang pernah dijabatnya tersebut.

Ya, tentunya boleh-boleh saja berbagai opini dan spekulasi tersebut digulirkan oleh khalayak publik hingga banyak beredar meramaikan ruang khalayak publik terkait siapakah yang kedepannya layak menjadi Menteri KKP.

Namun demikian, tentu saja semua keputusannya ada ditangan Presiden Jokowi, dan yang jelas juga dalam hal ini, Presiden Jokowi haruslah mempertimbangkannya dengan sangat matang.

Apalagi bila Presiden Jokowi berkaca dengan peristiwa memalukan terkait OTT KPK yang terjadi pada Edhy Prabowo yang statusnya sudah jadi eks Menteri KKP tersebut.

Lagipula juga, kalau melihat sepak terjang dari Fadli Zon ini, maka sebenarnya Fadli Zon masih sangatlah cocok dengan konsistensinya dengan politik dua kaki yang dilakukannya, yaitu sebagai kader partai Fadli Zon harus tetap loyal pada partainya yang pro pemerintah, dan sebagai individu politisi, Fadli Zon juga bertindak sebagai oposisi terhadap pemerintah.

Sementara itu kalau Ibu Susi Pujiastuti, nampaknya Presiden Jokowi kemungkinan enggan menunjuknya, karena bisa dimungkinkan ada rasa gengsi dari Presiden Jokowi, jadi kalau publik mau berharap Ibu Susi Pujiastuti kembali jadi Menteri KKP nampaknya agak kecil peluangnya.

Sebenarnya, kalau Presiden Jokowi bisa bijak dan mau mengambil hikmah ataupun bercermin dengan peristiwa OTT Edhy Prabowo oleh KPK, maka ada baiknya juga, agar kedepannya yang menjabat menjadi Menteri KKP ini bukanlah dari kalangan politisi partai ataupun kalangan pengusaha.

Sehingga dapat menghindarkan dari konflik kepentingan pribadi, kepentingan politik dan mungkin kepentingan-kepentingan yang lainnya.

Kalau semisal, sekali lagi semisal Pak Jokowi akhirnya menunjuk Fadli Zon ataupun Ibu Susi Pujiastuti jadi Menteri KKP, maka kembali pejabat Menteri KKP akan diduduki lagi oleh kalangan politisi dan kalangan pengusaha, bukan tidak mungkin kedepannya konflik kepentingan bakal terjadi terulang kembali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN